blank
Seorang dokter tengah memeriksa pasien gondongan. Foto: Pixabay

Bagaimana penanganan pada orang mengalami gondongan?

Jika sistem imun penderita baik, gondongan dapat pulih dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan keluhan dan gejala yang muncul saat menderita gondongan adalah

Mencukupkan waktu tidur dan istirahat.
Memperbanyak minum air putih.
Mengompres area yang bengkak dengan air hangat atau air dingin guna meredakan rasa sakit.
Mengonsumsi makanan lunak agar tidak perlu mengunyah terlalu banyak.
Mengonsumsi pereda demam dan nyeri, seperti ibuprofen dan paracetamol.

Pencegahan gondongan

Penyakit gondongan bisa dicegah dengan memberikan imunisasi MMR (measles, mumps, rubella) pada anak-anak. Vaksin MMR berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit campak, gondongan, dan rubella.

Vaksin ini perlu diberikan pada anak sebanyak dua kali, yaitu saat anak berusia 18 bulan dan saat anak berusia 5-7 tahun. Namun, jika imunisasi pertama belum sempat dilakukan saat usia 18 bulan, vaksin pertama masih dapat diberikan hingga anak berusia 3 tahun.

Jika belum pernah dilakukan pada masa kanak-kanak, vaksin MMR masih dapat diberikan pada usia dewasa. Pemberian vaksin MMR untuk dewasa disarankan bagi orang-orang yang berisiko tinggi terpapar virus penyebab gondongan.

Pencegahan gondongan juga bisa dilakukan dengan cara diantaranya rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tidak berbagi peralatan mandi atau makan dengan penderita, serta menerapkan etika batuk, seperti menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk dan bersin.

Ning S