blank
Salah satu pengunjung bazaar membayar produk Keripik Ubi Jalar melalui Qris BRI. Foto: dok/bri

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Senior Executive Vice President (SEVP) Ultra Mikro BRI, Muhammad Candra Utama mengatakan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, terus memperkuat komitmennya dalam mendorong pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), melalui berbagai inisiatif strategis.

Salah satu bentuk dukungan itu diwujudkan melalui penyelenggaraan Bazaar UMKM BRILiaN, yang diadakan di Area Taman BRI, Jakarta, Jumat (18/10/2024) lalu. Bazaar ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk mengenalkan produk-produk Klaster UMKM kepada masyarakat luas, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen BRI dalam memberikan pendampingan yang komprehensif kepada pelaku UMKM.

”Melalui berbagai kegiatan edukasi, BRI terus mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi dan inovasi, guna meningkatkan daya saing produk lokal,” kata Muhammad Candra dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA: Kalah dari Madura United, PSIS Perpanjang Catatan Buruk

Salah satu pelaku UMKM binaan BRI dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sayat, yang memasarkan Keripik Ubi Jalar menyatakan, dukungan BRI tidak hanya berupa pembiayaan saja, tetapi juga kemudahan transaksi melalui BRImo, dan sistem pembayaran digital berbasis QRIS.

Keripik Ubi Jalar sendiri merupakan bagian dari Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades). Keripik Ubi Jalar ini merupakan inovasi lokal, yang memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah, di daerah itu.

Dengan pendampingan dan pembiayaan dari BRI, UMKM ini berhasil meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, serta memberdayakan masyarakat lokal, khususnya ibu-ibu rumah tangga, yang berperan dalam proses produksi. Produk keripik berbahan baku ubi jalar itu dibanderol dengan haraga Rp 10 ribu per kemasan.

BACA JUGA: Kakanwil Kemenkumham Jateng Tegaskan SKD CPNS Bebas KKN, Peserta Diimbau Percaya Kemampuan Diri

”Alhamdulillah, sampai saat ini kami didampingi BRI, untuk bisa mendapatkan link promosi dan penjualan produk kami,” tutur Sayat, yang berharap BRI dapat terus menjadi mitra UMKM Indonesia.

BRI pun berkomitmen, untuk terus mendukung UMKM di seluruh Indonesia, melalui layanan pembiayaan, pendampingan, serta pelatihan, yang bertujuan membantu UMKM naik kelas, dan berkontribusi pada perekonomian Nasional.

Riyan