Dalam kesempatan itu, sebelumnya wali kota Semarang melantik dan mengambil sumpah/janji 19 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota Semarang. Lima diantaranya merupakan jabatan kepala dinas hasil seleksi terbuka jabatan tinggi pratama yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Mereka yang dilantik adalah Arwita Mawarti sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bagus Irawan sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida), Kusnandir sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Margaritha Mita Dewi Sopa sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM), serta Shoti’ah sebagai Kepala Dinas Pertanian (Dispertan). Sedangkan, 14 lainnya merupakan pejabat eselon 3 dan 4

Mbak Ita menegaskan jika lima kepala dinas dipilih untuk segera dilantik karena banyak program yang harus dilaksanakan oleh dinas terkait. Misalnya, DLH perlu pengawalan khusus terkait Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL). Program ini menjadi program nasional dan sudah proses hingga Kementerian Keuangan.

Hery Priyono