blank
Rendy Varera Sanjaya saat mendekati finish line sekaligus memastikan sebagai yang tercepat di kelas Men Elite 76 Indonesian Downhill di Ternadi Bike Park, Kudus. Foto:ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Persaingan sengit para downhiller nasional tersaji di ajang 76 Indonesian Downhill 2024 seri kedua di Ternadi Bike Park, Kudus. Pada babak final run, Minggu (20/10) Rendy Varera Sanjaya akhirnya membuktikan diri sebagai raja di Ternadi Bike Park.

Rider dari Dayu Racing Team ini sukses naik podium dan meraih gelar juara seri kedua di kelas utama Men Elite berkat catatan waktu tercepat 4.03,309.

Ini merupakan gelar beruntun bagi Rendy setelah pada 76 Indonesian Downhill tahun lalu di tempat yang sama ia juga sukses keluar sebagai kampiun. Atlet kelahiran Kediri ini memang tampil perkasa, kemenangan ini juga menggenapi torehan hot seat yang lebih dulu diraihnya saat sesi seeding run Sabtu (19/10) kemarin.

“Pastinya senang banget bisa podium pertama di seri kedua ini, yang melengkapi gelar juara saya tahun lalu juga di sini. Ke depan semoga saya juga bisa mempertahankan performa bagus di seri terakhir dan bisa menjadi juara umum nasional tahun ini,” ungkap Rendy usai seremoni podium juara.

Persaingan di 76 Indonesian Downhill memang tak pernah mudah. Termasuk di Ternadi Bike Park yang kali ini memberikan tantangan extra, lantaran lomba berlangsung dalam kondisi basah alias wet race. Hujan deras yang mengguyur kawasan Lereng Gunung Muria mengubah kondisi track, yang sehari sebelumnya kering dan berdebu, jadi licin dan cenderung becek. Tak sedikit rider kehilangan grip hingga terpeleset, dan membuat catatan waktunya melorot jauh.

“Perubahan cuaca dari kemarin panas ke hujan memang agak mengejutkan, saya juga sempat bingung memilih ban dan mengubah setelan sepeda. Secara keseluruhan berjalan sesuai harapan saya. Meskipun sempat agak slip, tapi saya bisa mencapai finish dengan lancar,” terang Rendy.

Selain Rendy sebagai juara, posisi kedua di kelas Men Elite diraih oleh Azhar Salman Alparishi dari One Bike Team. Ia terpaut hingga tujuh detik dari Rendy dengan membukukan waktu 4.10,014.
Sedangkan juara ketiga ditempati oleh Agung Prio Apriliano dari Tim D-One Factory dengan torehan waktu 4.11,531.

Dengan kemenangan ini, Rendy otomatis mendapatkan poin tambahan sebanyak 300 poin. Ia menyalip Andy Prayoga dan menjadi pemuncak standing point kategori Men Elite dengan total 390 poin.

Alhasil situasi ini bakal makin memanaskan persaingan perebutan gelar juara umum nasional pada seri pamungkas nantinya.
KUDUS (SUARABARU.ID) – Pertarungan ketat antara downhiller nasional tersaji di ajang 76 Indonesian Downhill 2024 seri kedua yang berlangsung di Ternadi Bike Park, Kudus.

Pada final run, Minggu (20/10), Rendy Varera Sanjaya dari Dayu Racing Team berhasil menjuarai kelas utama Men Elite dengan catatan waktu tercepat 4 menit 3,309 detik.

Kemenangan ini melanjutkan kesuksesan Rendy yang juga menjadi juara di lokasi yang sama tahun lalu. Atlet asal Kediri ini telah menunjukkan dominasi sejak sesi seeding run sehari sebelumnya, mengamankan posisi teratas di hot seat.

“Senang sekali bisa mempertahankan gelar di seri kedua ini. Harapannya, saya bisa terus tampil baik di seri terakhir dan menjadi juara umum nasional,” kata Rendy usai menerima trofi kemenangan.

Seri kedua ini berlangsung dalam kondisi menantang dengan cuaca hujan yang mengubah lintasan menjadi licin. Banyak pembalap mengalami kesulitan, namun Rendy berhasil beradaptasi dengan baik meski sempat mengalami slip.

Posisi kedua ditempati oleh Azhar Salman Alparishi dari One Bike Team dengan waktu 4 menit 10,014 detik, terpaut tujuh detik dari Rendy. Agung Prio Apriliano dari Tim D-One Factory menyusul di posisi ketiga dengan waktu 4 menit 11,531 detik.

Dengan tambahan 300 poin dari kemenangan ini, Rendy kini memimpin klasemen Men Elite dengan total 390 poin, memanaskan persaingan menuju seri pamungkas.

Di kategori Women Elite, Milatul Khaqimah dari Sego Anget Racing Team tampil sebagai juara dengan waktu 4 menit 45,091 detik. Ia unggul jauh dari Ayu Triya Andriana (Polair DH Team Wiucycling) di posisi kedua dan Nilna Murni Ningtias (Spartan Racing Team) di peringkat ketiga.

Agnes C. Wuisan, perwakilan dari 76 Rider, mengapresiasi semangat para peserta meskipun lomba berlangsung dalam kondisi cuaca yang menantang.

“Seri kedua ini sangat menantang dan memaksa para downhiller untuk tampil maksimal. Selamat untuk semua peserta, terutama para juara,” ungkap Agnes.

76 Indonesian Downhill 2024 akan berlanjut di seri ketiga dan terakhir yang akan digelar di Klemuk Bike Park, Batu, Jawa Timur, pada 8-10 November 2024.

Hasil 5 Besar Men Elite:

  1. Rendy Varera Sanjaya – Dayu Racing Team – 4.03,309
  2. Azhar Salman Alparishi – One Bike Team – 4.10,014
  3. Agung Prio Apriliano – D-One Factory – 4.11,531
  4. Hildan Afosma Katana – Spartan Racing Team – 4.20,055
  5. FX Elneno – Polair DH Team – 4.24,105

Hasil 5 Besar Women Elite:

  1. Milatul Khaqimah – Sego Anget Racing Team – 4.45,091
  2. Ayu Triya Andriana – Polair DH Team Wiucycling – 4.56,344
  3. Nilna Murni Ningtias – Spartan Racing Team – 4.58,303
  4. Regina Patricia Panie – Spartan Racing Team – 6.14,882
  5. Ananda Nasywa – Privater – 6.17,592

Ali Bustomi