blank
Kampanye Germas ke - 2 di destinasi Kreteg Glodak.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan mencegah penyakit. Berikut beberapa kegiatan GERMAS yang bisa dilakukan di rumah tangga diantaranya adalah makan buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, melakukan cek kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat.

Pada hari Minggu, 20 Oktober 2024 di Kali Juwet Kretek Glodhak RW 01 Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara diadakan sosialisasi Germas oleh Forum Kesehatan Desa (FKD) Tubanan. Kegiatannya antara lain: senam bersama, sosialisasi dari FKD, dan pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung.

blank
Senam di Kali Juwet Kretek Glodhak Tubanan dengan instruktur senam Avida Saputri

Forum Kesehatan Desa (FKD) Tubanan merupakan wadah partisipasi masyarakat, untuk mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa, mulai dari merencanakan, menetapkan, koordinasi sampai menggerakkan kegiatan, serta memantau pembangunan kesehatan di Desa Tubanan.

FKD Tubanan yang diketuai oleh Eddy Widodo, Ratmalia Ekha F. sebagai sekretaris, dibantu oleh Akselerator Desa yaitu Siska Yunita A. dan tim seksi yang lain mengadakan Kampanye GERMAS yang salah satunya bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan aktivitas fisik.

Sebab dari hasil survei PHBS 2024 menunjukkan bahwa kurangnya kesadaran masyarakat melakukan aktifitas fisik sehingga dapat meningkatkan faktor risiko Penyakit Tidak Menular di Tubanan.

Kegiatan sosialisasi ini bersifat umum, peserta kegiatan antara lain: kader dan masyarakat desa Tubanan baik anak, dewasa, mau pun lansia, juga ada kader dari desa tetangga . Di awali dengan senam bersama yang dipimpin oleh instruktur senam ternama Afida, suasana sangat meriah, peserta senam semangat mengikuti.

Selesai senam peserta duduk- duduk santai sambil minum, mereka menunggu undian doorprize yang telah disediakan panitia, namun sebelum pembagian doorprize semua peserta mengikuti sesi sosialisasi Germas.

Kali Juwet Kretek Glodhak dipilih karena tempat tersebut merupakan destinasi wisata Tubanan di tahun mendatang, dan tempat ini sudah sering digunakan untuk kegiatan masyarakat Tubanan. Sosialisasi Germas di Kali Juwet Kretek Glodhak ini merupakan sosialisasi yang ke- 2 yang diadakan Forum Kesehatan Desa (FKD) Tubanan, untuk sosialisasi GERMAS yang pertama diadakan di Ngarengan depan gerbang PLTU Tanjung Jati B.

Sosialisasi GERMAS oleh Forum Kesehatan Desa (FKD) Tubanan, selain mengajak masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik, kegiatan GERMAS lain yang diselenggarakan oleh FKD Tubanan adalah Posbindu setiap bulan untuk pencegahan dan penemuan dini penyakit tidak menular (PTM), kata Siska Yunita. A dalam sosialisasinya. Kebersihan Lingkungan yang dibantu oleh Tim pengambil dan pengolah sampah untuk pengelolaan sampah rumah tangga di Tubanan.

Sedangkan penggunaan jamban sehat, Desa Tubanan sudah ODF (Open Defecation Free) pada tahun 2018. Harapan dari diselenggarakan Kampanye GERMAS ini masyarakat menjadi sehat, bugar, dan produktif sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan di Desa Tubanan, ucapnya.

Semua peserta mendapatkan kupon undian (doorprize), hadiah yang tersedia beraneka macam perabot rumah tangga dari plastik, mereka semangat menanti doorprize. Ratmalia Ekha F sekretaris Forum Kesehatan Desa (FKD) Tubanan memimpin pembagian doorprize dibantu oleh timnya dari FKD. Peserta semangat menanti doorprize, sesekali mereka bertepuk tangan dan tertawa riang saat no undinya dipanggil. Tidak hanya masyarakat Tubanan yang mendapatkan doorprize, peserta dari desa Kancilan pun ada beberapa yang mendapatkan doorprize. Hal ini tentu menambah suasana ramai, dan menunjukkan bahwa kader FKD dapat bekerja dengan baik. Peserta yang mendapatkan doorprize tampak senang sekali, namun yang belum beruntung tidak mendapatkan doorprize pun mereka tetap bahagia, semangat sehat menjadikan Tubanan lebih baik lagi.

Ratmalia disesi akhir pembagian doorprize mengatakan, “ Semoga masyarakat senang mengikuti senam dalam rangka sosialisasi GERMAS ini. Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung acara sosialisasi, terlebih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosialisasi GERMAS, semoga kita sehat selalu.” imbuhnya.

Masyarakat bahagia mengikuti kegiatan sosialisasi Germas, mereka pun berencana untuk mengikuti kegiatan senam dan sosialisasi Germas tahap berikutnya. Semoga kami dapat mengikuti di sosialisasi berikutnya dengan membawa rombongan, kata Sri Winarsih selaku wakil ketua tim PKK desa Tubanan.

Meski pun ketua FKD ada kegiatan lain, namun Eddy Widodo selaku ketua FKD memantau semua kegiatan sosialisasi. Saat dihubungi penulis ia mengatakan, “Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Dengan kegiatan sosialisasi Germas ini harapan kami membawa manfaat bagi masyarakat dan menjadikan Tubanan lebih sehat, imbuhnya.

Hadepe – Siska-Rofik Tubanan