blank
UKSW Salatiga. Foto: Dok/SB

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Kabar gembira buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah di tahun akademik 2025-2026!

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) membuka kesempatan emas melalui program Beasiswa Afirmasi Cemerlang, yang mencakup tiga jenis beasiswa unggulan yaitu Beasiswa Afirmasi Cemerlang, Beasiswa Afirmasi Cemerlang Prestasi Olahraga dan Seni (ACOS), serta Beasiswa Afirmasi Cemerlang Prestasi Akademik (ACPA).

Program ini dirancang khusus untuk memberikan apresiasi kepada para calon mahasiswa (atau lulusan SMA/SMK) berbakat yang memiliki prestasi di berbagai bidang, baik akademik, olahraga, maupun seni dalam meraih cita-cita mereka.

Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Kealumnian UKSW Prof. Yafet Y.W Rissy, Ph.D., menyampaikan, beasiswa ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen UKSW dalam mendukung anak-anak muda yang berprestasi agar terus berkembang menjadi creative minority, individu kreatif dan inovatif yang siap membawa dampak bagi masyarakat.

“Dengan beasiswa ini, kami tidak hanya ingin meringankan finansial, tetapi juga mendorong lahirnya lulusan-lulusan yang berdaya saing global. Ini adalah langkah strategis kami dalam mencapai visi UKSW 2022-2027 sebagai entrepreneurship research university,” jelasnya.

Tiga beasiswa unggulan

1. Beasiswa Afirmasi Cemerlang Prestasi Olahraga dan Seni

Beasiswa ini khusus untuk kamu yang memiliki prestasi di bidang olahraga atau seni. Tingkat perlombaan yang diperhitungkan mulai dari internasional, nasional, hingga provinsi dalam dua tahun terakhir.

Prestasi bidang olahraga tersebut tidak terbatas pada kejuaraan atau perlombaan dalam bidang atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket, dan bola voli pasir, dan lainnya.

Selain itu, dalam bidang seni, tidak terbatas pada kejuaraan atau perlombaan dalam bidang tari, menyanyi, seni lukis, membuat gambar komik, cerpen, dan puisi, dan lainnya yang terkait dengan bidang keilmuan dalam program studi yang masuk dalam program beasiswa ini.

2. Beasiswa Afirmasi Cemerlang Prestasi Akademik

Bagi kamu yang berprestasi di bidang akademik, seperti juara olimpiade sains, matematika, atau lomba sosial-humaniora, beasiswa ini siap membantu mewujudkan impian kuliahmu di UKSW.

Beberapa prestasi yang masuk dalam kategori beasiswa ini antara lain perlombaan dan olimpiade dalam bidang sains seperti fisika, kimia, biologi, matematika, teknik, komunikasi, informatika, pemrograman, komputer, dan bidang sosial humaniora yang terkait dengan keilmuan program studi yang masuk dalam beasiswa ini.