“Harus adaptif, fleksibel, kreatif, inovatif, menguasai IT, serta menguasai bahasa Internasional demi mencapai kesuksesan di era baru ini,” pesan Supriono.

Seiring perkembangan lingkungan lokal hingga global ke depan, Politeknik Sawunggalih Aji juga akan bertekad untuk terus meningkatkan kapasitas serta kapabilitas layanan akademik dan non akademik. Dia sangat menyadari revolusi industri 4.0 dan society 5.0 akan mempengaruhi proses pendidikan.

“Semua nanti akan bertumpu pada penggunaan teknologi informasi dan digital,” sambung dia.

Wisudawan Difabel

Salah satu wisudawan difabel (tunadaksa), Wahyu Nurhidayat (22), mahasiswa jurusan D3 Teknik Informatika, berhasil menyelesaikan pendidikannya tepat selama tiga tahun. Meski bukan wisudawan terbaik, Wahyu merasa senang karena di tengah segala keterbatasannya bisa wisuda tepat waktu..

“Alhamdulillah bisa lulus senang, keterbatasan tak menghalangi saya untuk terus maju. Setelah ini saya nyambi desain jadi freelancer buat mengisi kesibukan, sambil cari kerja,” kata pemuda asal Desa Kesawen, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo itu.

Dia mengaku sangat senang kuliah di Polsa Kutoarjo. Sebab, mahasiswa dan dosennya sangat solid, serta banyak membantunya selama kuliah.

“Harapannya, seteleh ini bisa membalas kebaikan orang tua yang sudah menyekolahkan saya, mengantar saya tiap hari ke kampus,” harap dia.

Hadir dalam wisuda, Asisten Administrasi Umum, Setda Purworejo drg Nancy Megawati Hadisusilo menyampaikan, apa yang diraih oleh para wisudawan merupakan hasil kerja keras yang memerlukan pengorbanan baik biaya, waktu, maupun pikiran. Dengan gelar akademik yang telah diraih, para wisudawan lebih memiliki kesempatan lebih banyak untuk dapat berkiprah.

Nancy berpesan, para wisudawan merupakan generasi penerus dan kader pemimpin yang akan memikul dan meneruskan perjuangan bangsa.

“Untuk itu, kami berpesan harus memiliki pandangan jauh ke depan dalam kiprah membangun bangsa dan negara,” pesan dia.

Disebutkan, untuk mewujudkan visi Purworejo Berdaya Saing 2025, keberadaan sumber daya manusia berkualitas yang ditopang tingkat kesehatan dan pendidikan yang memadai, merupakan salah satu syarat utama. Relevan dengan hal tersebut, keberadaan Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo diharapkan dapat mendukung terwujudnya visi tersebut,

Vash