blank
Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz saat memberi pembinaan kepada patpol dan ormas. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Partai politik (Parpol) dan organisasi kemasyarakatan (ormas) tidak hanya sebagai pelaku utama dalam pemilu, tetapi juga sebagai penjaga moral dan nilai-nilai demokrasi. Seluruh elemen masyarakat sejatinya punya peran penting menjaga suasana politik di Kota Magelang.

Penegasan itu disampaikan Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz saat memberikan Pembinaan dan Peningkatan Peran Parpol dan Ormas dalam Mendukung Suksesnya Pemilihan Tahun 2024, di Pendapa Pengabdian, Kamis (17/10).

“Kita semua memiliki peran penting untuk menjaga agar suasana politik di Kota Magelang tetap kondusif, jauh dari potensi konflik, dan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan golongan,” tegas Aziz.

Dia menekankan pentingnya kolaborasi yang melibatkan parpol, ormas dan seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan situasi yang harmonis, guna menghindari potensi gesekan yang mungkin timbul selama proses pemilu.

Aziz menambahkan, gelaran Pilkada 2024 saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Pihaknya berharap situasi politik Kota Magelang tetap terjaga dengan baik, dan masyarakatnya tidak terganggu dengan hal-hal yang merugikan masyarakat.

“Jangan sampai mengganggu pelayanan, terjadi polarisasi, terjadi fragmentasi dan sebagainya,” ujarnya.

Kepala Kesbangpol Kota Magelang, Agus Satiyo Hariyadi mengutarakan, kegiatan ini mengusung tema “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kita Pertahankan Iklim Sejuk dan Kondusif Guna Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan Pemilihan Serentak tahun 2024”. Acara diikuti oleh sekitar 100 peserta terdiri dari perwakilan Parpol, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda dan lainnya.

“Kegiatan ini bertujuan mengingatkan kita semua bahwa dalam setiap pesta demokrasi, peran persatuan dan kesatuan menjadi kunci utama,” ujar Agus.

Pertemuan tersebut, lanjut Agus, sebagai wujud pembinaan dan pendidikan politik bagi masyarakat Kota Magelang, serta sosialisasi tentang prinsip-prinsip dasar sistem demokrasi. Selain itu, wahana silaturahmi dan mempererat persatuan kesatuan menjelang Pilkada serentak 2024.

“Kami harapkan pula, dari materi-materi yang disampaikan oleh narasumber meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam berpolitik dan berdemokrasi serta dalam menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.

Adapun narasumber kegiatan tersebut antara lain dari Wakil Ketua DPRD Kota Magelang Bustanul Arifin, unsur TNI dan Polri. (prokompimkotamgl)