blank
Pj Bupati Wonosobo M Albar ketika memegang piala "Air Bersih Aman Award" untuk Perumda Air Bersih Aman Award. Foto : SB/dok Humas Tirta Aji

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemkab Wonosobo melalui Perumda Air Minum Tirta Aji mendapatkan Juara 1 penghargaan “Air Minum Aman Award” atau perusahaan daerah penyedia air minum aman yang digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI.

Penghargaan tersebut diberikan pada puncak acara perayaan “Hari Habitat dan Hari Kota Se-Dunia” dengan tema global “Engaging Youth to Create a Better Urban Future : Youth Leading Climate and Local Action for Cities” atau tema nasional “Jaga Iklim, Jaga Masa Depan”.

Anugerah bergengsi tersebut diterima langsung Pj Bupati Wonosobo M Albar didamping Dirut Perumda Air Minum Tirta Aji Mochammad Sjahid, Direktur Administrasi dan Keuangan Nur Aziz dan Direktur Tehnik Edekus Herience di Gelanggang Inovasi dan Kreatifitas Kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dirut Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo Mochammad Sjahid mengatakan penghargaan tersebut diberikan dalam rangka peningkatan capaian akses air minum aman nasional sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN 2020-2024 dan implementasi peta jalan perluasan penerapan RPAM periode 2021-2024.

“Itu sekaligus bentuk pemberian apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen dan upaya dalam pencapaian akses air minum aman dan bersih sesuai prinsip kualitas, kuantitas dan kontinuitas (3K),” katanya.

Hal itu, lanjut Sjahid, diharapkan dapat menjadi motivasi setiap daerah untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan air minum yang aman dan sehat. Sejauh ini Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo memiliki 38 sumber mata air bersih yang berada di berbagai tempat dan sudah melayani 100 ribu lebih pelanggan air bersih

“Capaian yang dihasilkan oleh Pemkab Wonosobo dan Perumda Air Minum Tirta Aji tidak mudah. Kami berhasil mengalahkan 17 pemerintah daerah yang sebelumnya sudah terpilih dari Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Indonesia,” terang Sjahid.

Menurutnya, setelah masuk 17 besar, Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo terpilih kembali ke dalam 6 besar bersama dengan Perumda Air Minum Denpasar, Banyuwangi, Bandung, Kota Balikpapan dan Kebumen. Setelah itu baru dilakukan verifikasi faktual dan kunjungan lapangan guna memilih 3 Perumda Air Minum yang terbaik.

“Kegiatan verifikasi faktual dan kunjungan lapangan tersebut berlangsung selama 2 hari, yakni pada 23-24 September 2024 lalu. Verifikasi faktual dan kunjungan lapangan melibatkan OPD terkait seperti Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan Labkesda Dinas Kesehatan Wonosobo,” ujarnya.

Dikatakan Sjahid, verfak dan kunjungan lapangan dimulai dari kedatangan tim verifikasi yang disambut langsung oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat di Pendopo Bupati setempat. Verfak dilanjutkan dengan pengecekan dokumen dan verifikasi data terkait assesment yang sudah dilakukan sebelumnya.

Air Aman

blank
Pj Bupati Wonosobo M Albar ketika menerima piala “Air Bersih Aman Award” untuk Perumda Air Bersih Aman Award. Foto : SB/dok Humas Tirta Aji

“Di hari pertama verifikasi faktual di lapangan tim dari Kementerian PUPR RI melakukan kunjungan ke Labkesda Dinas Kesehatan Wonosobo dan diakhiri dengan kunjungan dan pengujian di Sumber Mata Air Sigajah Mudal Mojotengah,” paparnya.

Di hari kedua, imbuh Sjahid, kegiatan dimulai dengan pengujian kualitas dan wawancara dengan pelanggan terkait dengan kualitas, kuantitas, kontinuitas dan pelayanan Perumda Air Minum Tirta Aji. Selanjutnya dilakukan pengujian kualitas air dan pengecekan kondisi Resevoar Ngawen.

Dikatakan Sjahid, di hari kedua diakhiri dengan penyampaian hasil dan penandatanganan berita acara hasil verifikasi faktual dan kunjungan lapangan Pada 8 Oktober 2024 diumumkan 3 besar Kabupaten/Kota yang akan mendapatkan penghargaan.

“Pemkab Denpasar, Banyuwangi dan Wonosobo berhak mendapatkan penghargaan penyediaan air minum aman yang telah diumumkan pada tanggal 12 Oktober 2024 lalu,” katanya.

Pada Selasa, 10 Oktober 2024 lalu, Dirut Perumda Air Minum Tirta Aji Wonosobo, Mochammad Sjahid, diundang menjadi narasumber untuk side event dalam seminar hari Habitat dan Hari Kota Sedunia 2024.

“Kami membawakan paparan tentang penerapan dan pembelajaran Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Peserta seminar sangat antusias menanggapi pemaparan yang kami diberikan,” jelasnya.

Pada Sabtu, 12 Oktober 2024, Pj Bupati Wonosobo M Albar bersama dengan jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Aji menghadiri penyerahan penghargaan pada acara puncak Hari Habitat dan Hari Kota Sedunia 2024 di Pendopo, Gelanggang Inovasi dan Kreatifitas UGM Yogyakarta

Pj Bupati Wonosobo M Albar mengatakan sangat mengapresiasi penghargaan “Air Minum Aman Award” yang diraih Perumda Air Minum Tirta Aji. Hal itu menandakan jika perusahaan milik pemerintah daerah setempat itu sudah cukup profesional karena mampu menyediakan air minum yang aman, sehat dan bersih bagi pelanggan.

“Melalui penghargaan tersebut, Perumda Air Minum Tirta Aji harus terus berkomitmen untuk menjaga kualitas dan terus meningkatkan pelayanan air bersih, sehat dan aman untuk masyarakat di Wonosobo,” pintanya.

Muharno Zarka