Kalahkan 50 Tim dari Berbagai Universitas di Indonesia, Mahasiswa UKSW sabet juara 1 IGDX Bootcamp 2024. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Tim mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali mengharumkan nama kampus dengan torehan prestasi gemilang di industri game bergengsi tingkat nasional, baru-baru ini.

Dengan game yang berjudul “Scrollbearer” tim Rock Paper Switchblade ini berhasil menyandang gelar juara 1 di ajang Indonesian Game Developer Exchange (IGDX) Bootcamp 2024.

Tim yang membanggakan ini terdiri dari 5 mahasiswa berbakat dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI). Empat diantaranya dari Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) yakni Huan Ristano Palyama, Bagus Putra Wira Jaya, Salsha Alfitri Noviana, dan Hartyo Jentoro Wicaksono serta satu mahasiswa Prodi Teknik Informatika Yosafat Rendi Prayoga.

Pada kompetisi bergengsi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini, tim Rock Paper Switchblade berhasil mengalahkan 50 tim lainnya dari berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Telkom, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, dan Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Selain menjadi salah satu dari tiga tim terbaik dalam kompetisi pengembangan game di Indonesia ini, tim Rock Paper Switchblade terpilih untuk menampilkan game buatan mereka dalam rangkaian kegiatan IGDX Business dan Conference 2024 di The Stones Kuta Bali, Kamis-Sabtu (10-12/10/2024).

Keunggulan game

Dosen pembimbing tim Rock Paper Switchblade Jasson Prestiliano, S.T., M.Cs., menyampaikan, keunggulan dari game ini adalah memiliki mekanisme yang kompleks dengan grafis yang polished untuk game roguelike. Selain itu, grafisnya digambar tangan dan diwarnai dengan cermat, menciptakan visual yang memukau. Karakter yang unik serta alur cerita yang menarik semakin memperkuat daya tarik game ini, memberikan pengalaman bermain yang istimewa bagi para pemain.

“Secara detail, mekanisme tersebut yaitu cara bermain yang mudah untuk dipelajari bagi pemain game awam, namun sulit untuk dikuasai sehingga tetap memberikan tantangan yang menarik setiap kali dimainkan,” jelasnya, Selasa (15/10/2024).

Ia menekankan game Scrollbearer merupakan game entertainment yang ditujukan untuk pemain dari kalangan remaja hingga dewasa. Adapun pesan utama yang ingin disampaikan melalui game Scrollbearer adalah semangat pantang menyerah dan terus bekerja keras. Dalam gameplay-nya, tim Rock Paper Switchblade merancang mekanisme di mana pemain dapat mengulang saat mengalami kekalahan, melakukan upgrade, dan kemudian berusaha untuk meraih kemenangan.

Merilis game di pasar digital

Sementara itu, ketua tim Rock Paper Switchblade Huan Ristano Palyama dengan semangat mengungkapkan rasa bahagianya atas raihan prestasi ini. “Prestasi ini diraih bukan hanya karena hobi semata tetapi menjadi langkah awal kami untuk terjun dalam memajukan industri video game tanah air,” ujarnya.