Penyerang Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (7), saat berduel dengan pemain bertahan Bahrain Amine Benaddi (2). Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, pihaknya menghargai perjuangan Jay Idzes dkk, yang nyaris mengalahkan tuan rumah, Bahrain, di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Bahrain, Kamis (10/10/2024).

Dalam laga ketiga penyisihan di Grup C itu, Timnas dan Bahrain saling berbagi skor, 2-2. Dalam laga yang dipimpin wasit FIFA asal Oman, Ahmed Al Kahf, Timnas sempat tertinggal 0-1 lewat gol Mohamed Marhoon.

Namun Indonesia bisa berbalik memimpin 2-1, lewat gol Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick. Sayang, kemenangan yang sudah di depan mata sirna, usai Marhoon mencetak gol keduanya di menit 90+9.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Pahami Kemarahan Pemain Timnas

”Itulah sepak bola. Banyak faktor yang menentukan hasil akhir. Saya minta semua yang ada di Timnas, fokus di laga berikut lawan Cina. Buktikan kita bisa curi poin di kandang lawan. Saya juga minta para suporter, untuk terus dan jangan berhenti beri dukungan ke para pemain,” ujar Erick Thohir, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (11/10/2024).

Sementara itu, Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga menyatakan, pihaknya akan mengirimkan surat protes kepada Konfederasi Sepak bola Asia (AFC), terkait wasit Ahmed Al Kaf, yang memimpin pertandingan itu.

”Kita akan kirim surat protes. Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” tambahnya.

Pada laga itu, dua gol Indonesia dicetak Ragnar Oratmangoen menit 45+3 dan Rafael Struick (74). Dengan hasil ini, Indonesia berada di posisi kelima di klasemen sementara Grup C, dengan mengemas tiga poin. Pada laga berikutnya, Indonesia akan melawan tuan rumah Cina pada Selasa (15/10/2024).

Riyan