Dalam amanatnya, Asisten I Sekretariat Kabupaten Blora, Agus Puji Mulyono menyampaikan bahwa kegiatan TMMD akan berlangsung selama 30 hari dengan fokus pada kolaborasi antara pemerintah daerah, TNI/Polri, dan masyarakat.

“TMMD ini merupakan momentum bagi kita semua untuk menyatukan karya dan karsa dalam wujud nyata. Dengan mengutamakan spirit persatuan dan kesatuan, gotong royong serta pemberdayaan masyarakat,” ujar Asisten I Sekretariat Kabupaten Blora.

Percepatan Membangun Desa

Asisten I Sekretariat Kabupaten Blora berharap melalui program TMMD diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di daerah utamanya di daerah – daerah perdesaan, serta memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“TMMD diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Asisten I Sekretariat Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Suyatman  mengucapkan rasa terima kasih atas ditunjuknya Desa Sidomulyo sebagai sasaran program pelaksanaan TMMD Regional ke-122, dan mewakili warga desanya menyampaikan harapan masyarakat untuk dibangunnya jalan dukuh Kedung Kenongo, bisa terwujud oleh Program  Manunggal Membangun Desa.

“Kami ucapkan terimakasih kepada TNI, atas terbangunnya jalan, talud, jembatan dan bedah rumah serta membangun rumah baru untuk warga kami yang miskin dan yatim piatu, semoga sinergitas TNI dan masyarakat Desa terus terjalin dengan baik, dan tidak lupa kami ucapkan selamat hari TNI untuk ke-79, hidup TNI !,” tandas Kades Sidomulyo.

Usai upacara pembukaan TMMD, Danrem 073/Makutarama bersama Forkopimda Blora  melaksanakan penanaman pohon di lapangan Desa Sidomulyo dan peninjauan Posko TMMD Reguler ke-122 Kodim 0721/Blora.

TNI Manunggal Air Bersih

Pada kesempatan yang sama, Danrem 073/Makutarama, Kolonel Inf Ari Prasetya bersama Dandim 0721/Blora, Letkol CZi Yuli Hartanto, Danyonif 410/Alugoro, Letkol Inf. Agung Cahyono dan Kapolres Blora, AKBP Wawan Andi Susanto, bersiap meninjau lokasi TMMD Sengkuyung 122 dengan mengendarai sepeda motor trail, di dukuh Kedung Kenongo Desa Sidomulyo.

Di lokasi peninjauan, Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Ari Prasetya mengatakan bahwa TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) merupakan salah satu program unggulan Kasad Jenderal Maruli Simanjuntak dengan maksud membantu kesulitan masyarakat terutama untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kami berharap dengan adanya sumur bor ini bisa dinikmati oleh masyarakat, bisa berguna dan dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat secara luas khususnya warga Desa Sidomulyo,” harap Danrem 073/Makutarama.

Dengan harapan, lanjut Danrem 073/Makutarama, dengan adanya sumur bor ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat dalam jangka waktu yang panjang.

“Masyarakat tidak lagi risau dengan kekeringan karena sudah ada sarana air bersih,” tandas Danrem 073/Makutarama.

Untuk perhatian, Program TMMD Reguler  ke-122 Kodim 0721/Blora ini menitikberatkan pada sasaran fisik dan non fisik. Kegiatan fisik meliputi jalan makadam panjang 1.700 M x lebar 3 M, jembatan panjang 6 M x L 3,7 M, Talud 3 titik, talud 1 panjang 269 M, talud 2 panjang 230 M, talud 3 panjang 349 M, sumur bor 3 unit, sasaran tambahan RTLH 9 rumah, serta 1 unit pembangunan rumah baru untuk keluarga tidak mampu dan anak yatim.

Kudnadi Saputro