Kolaborasi UKSW dan Kedutaan Besar Timor Leste dorong kerja sama akademik dan pengembangan SDM. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Penguatan kerja sama akademik internasional terus menjadi prioritas Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). UKSW menggelar pertemuan penting dengan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Timor Leste di Ruang Probowinoto, Gedung G, UKSW, Senin (30/9/2024).

Pertemuan ini menandai langkah maju dalam mempererat hubungan kerja sama antara kedua belah pihak, khususnya dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Dalam pertemuan yang dipimpin Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami ini, hadir Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Ferdy Semuel Rondonuwu, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Eko Sediyono, dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafat Wilben Rissy, serta para dekan fakultas dan direktur direktorat di UKSW.

Sementara itu, dari pihak Atase Pendidikan Kedutaan Besar Timor Leste yang dipimpin Komisaris Badan Kepegawaian Negara Timor Leste Agapito da Conceicao, hadir Direktur Lembaga Urusan Beasiswa “INAP” Delfim Markes, Teknik Administratif BKN Alexandriana da Silva Araujo, Kepala Bidang Kurikulum, Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Budaya Flaviana da Silva Tavares.

Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian perangkingan internasional UKSW, termasuk rekognisi bintang tiga dalam QS Star Rating dan masuk dalam peringkat 1001-1500 dunia The Impact Ranking (THE) 2024.

“Kami yakin dengan kemitraan konkrit ini, perjalanan menuju world class university semakin nyata. Kami telah mendampingi Timor Leste melalui berbagai kerja sama, termasuk membuka kelas akuntansi serta mendukung akreditasi ANAAA (Badan Nasional Pengkaji Evaluasi dan Akreditasi Akademik-red) yang menjadi akreditasi pertama di Timor Leste,” ujar Rektor Intiyas.

Rektor perempuan pertama UKSW ini juga menambahkan bahwa UKSW berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan pendidikan di Timor Leste, tidak hanya melalui penyediaan infrastruktur berbasis digital yang memadai, tetapi juga dengan program-program magister yang dapat diakses secara fleksibel.

“Kami siap berkolaborasi dan menjalin kemitraan lebih erat, termasuk dalam pelatihan-pelatihan sumber daya manusia untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan di Timor Leste,” lanjutnya yang juga menyebut alumni UKSW dari Timor Leste kini menduduki posisi penting di pemerintahan termasuk di kementerian.