Kolaborasi UKSW dan Kedutaan Besar Timor Leste dorong kerja sama akademik dan pengembangan SDM. Foto: UKSW

Ciptakan sumber daya unggul

Komisaris Badan Kepegawaian Negara Timor Leste Agapito da Conceicao menyatakan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dari UKSW. “Kami datang untuk belajar dari program-program unggulan UKSW, terutama dalam hal rekrutmen dan pelatihan. UKSW telah menghasilkan alumni-alumni yang berprestasi, dan kami berharap dapat memperluas kerja sama di masa depan,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, menjelaskan bahwa saat ini UKSW memiliki 15.000 mahasiswa aktif, dengan 14 fakultas dan 64 program studi, 24 diantaranya telah terakreditasi Unggul terbanyak di Indonesia.

“UKSW merupakan perguruan tinggi swasta dengan program studi terakreditasi Unggul terbanyak di Indonesia. Kami juga menawarkan beasiswa bagi 100-150 mahasiswa dari Timor Leste, termasuk Beasiswa Swis dan Beasiswa Afirmasi Timor Leste,” kata Prof. Yafet.

Disebutkan Prof. Yafet, total mahasiswa UKSW yang berasal dari Timor Leste tahun 2024 berjumlah 26 orang, 13 diantaranya menempuh pendidikan di jenjang S1, 4 di jenjang S2, dan 9 lainnya di strata S3.

Diskusi ini turut melibatkan Dekan fakultas, Direktur Direktorat, serta dosen-dosen UKSW, yang seluruhnya berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia di Timor Leste.

Hadir dalam agenda penting tersebut, Rektor UKSW Periode 1983-1993, Prof. Dr. (H.C.) Willi Toisuta, Ph.D., yang menyaksikan langsung pentingnya hubungan panjang antara UKSW dan Timor Leste, yang telah dimulai sejak tahun 1984 ini.

Melalui kerja sama ini, UKSW dan Timor Leste berkomitmen untuk terus saling mendukung dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul, serta memperkuat hubungan bilateral dalam bidang pendidikan. Dalam acara ini, tercermin juga tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDGs 4 Pendidikan Berkualitas, SDGs 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, dan SDGs 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Ning S