Usai memimpin apel pagi, Pjs Bupati Pacitan Budi Sarwoto (kanan) menerima ucapan selamat dengan jabat tangan dari para pegawai di Kantor Bupati Pacitan.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Mengawali tugas perdana sebagai Pjs Bupati Pacitan, Budi Sarwoto, Senin (30/9/24), tampil memimpin apel jajaran ekskutif. Apel digelar di halaman Pendapa Kabupaten. Diikuti seluruh Pimpinan Perangkat Daerah beserta para karyawan di lingkup Kantor Bupati Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, dalam arahannya, Budi Sarwoto, menyampaikan beberapa tugas yang harus dijalankan sebagai Pjs Bupati. Yakni sesuai dengan amanat Kemendagri. Diantaranya, memastikan roda pemerintahan di Kabupaten berjuluk Paradise of Java ini, berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Pelayanan publik harus tetap berlangsung dan tidak boleh terhenti.

Sebagaimana pernah diberitakan, sebagai incumbent, Bupati Pacitan definitif Indrata Nur Bayuaji dan Wakil Bupati Gagarin Sumrambah mengambil cuti. Hal ini berkaitan karena maju menjadi Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Saya mohon untuk OPD yang tekait langsung dengan pelayanan masyarakat, tetap melakukan tugas sebagaimana kerja yang selama ini dilakukan. Pastikan pelayanan masyarakat tetap maksimal,” tegas Budi Sarwoto.

Kepada seluruh ASN diingatkan untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada. ASN, menurut Budi Sarwoto, harus bersikap adil dengan tidak terlibat dalam politik praktis. Dia mengajak ASN turut mengawal pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati di Pacitan, bisa berjalan lancar, aman, tertib dan kondusif.

Hal terakhir yang menjadi konsen Budi Sarwoto, adalah memastikan pelaksanaan RAPBD Tahun 2025 tepat waktu. Harapannya, saat nanti bupati terpilih  menjabat, sudah tidak ada lagi persoalan terkait anggaran. Sehingga bisa langsung menjalankan roda pemerintahan.

Agenda hari Senin (30/9/24), selain memimpin apel juga menerima jabat tangan sebagai ucapan selamat dari para Pimpinan OPD dan aparat Pemkab Pacitan. Pjs Bupati Pacitan Budi Sarwoto, juga melakukan kunjungan silaturahmi ke Pimpinan DPRD Pacitan dan ke jajaran Forkompimda.(Bambang Pur)