Mendagri Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian menyerahkan Anugerah Anindhita Wistara Data kepada Kota Magelang. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Pemkot Magelang kembali meraih penghargaan Anugerah Anindhita Wistara Data dari BPS RI atas komitmen dan capaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) terbaik tahun 2024 kategori Pemerintah Kota.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, didampingi Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara dan Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, di Hotel Grand Mercure Jakarta, beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Disominsta) Kota Magelang, Muchamad Abdul Azis bersyukur atas prestasi tingkat nasional dalam penyelenggaraan statistik sektoral tersebut.

“Anugerah ini semakin memacu semangat kami khususnya selaku Walidata Kota Magelang, untuk melaksanakan tata kelola statistik yang lebih baik lagi ke depan. Harapan kami, lokus OPD selaku lokus penilaian EPSS selanjutnya akan mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini,” ungkap Abdul Azis.

Penghargaan diserahkan sebagai rangkaian acara peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2024 yang mengusung tema “Statistik Bekualitas untuk Indonesia Emas”.

Anugerah diberikan kepada tiga kelompok yaitu Terbaik tingkat Provinsi (Provinsi DKI Jakarta, DIY dan Provinsi Bali). Berikutnya, Terbaik tingkat Kabupaten (Kabupaten Bantul, Sumedang dan Tangerang) dan Terbaik tingkat Kota (Kota Magelang, Malang dan Tangerang).

Plt Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti menerangkan, HSN bukan semata milik BPS tapi milik seluruh rakyat Indonesia. Karena pembangunan statistik nasional adalah tanggung jawab bersama.

“Kolaborasi semua aktor menjadi penting untuk mendukung keberhasilan statistik,” ujar Amalia.

Amalia menyatakan, hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), yakni Indeks Pembangunan Statistik (IPS) merupakan salah satu indikator pengungkit dalam pencapaian Reformasi Birokrasi.

Deputi Reformasi Birokrasi Kementerian PANRB, Erwan Agus Purwanto menambahkan, dalam Reformasi Birokrasi (RB) General, hasil EPSS oleh BPS merupakan salah satu indikator komposit yang penting.

Sebagai informasi, EPSS dilakukan BPS RI untuk menilai kinerja penyelenggaraan statistik di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dengan mengukur dimensi penerapan prinsip Satu Data Indonesia, Kualitas Data, Proses Bisnis Statistik, Kelembagaan dan Sistem Statistik Nasional.

Lokus penilaian setiap tahun adalah dua kegiatan pendataan yang dilakukan OPD di Pemerintah Daerah pada tahun anggaran n-1. Untuk tahun 2024, kegiatan yang dinilai adalah Survei Sosial Ekonomi Kependudukan dari Diskominsta Kota Magelang dan Penyusunan Profil Kependudukan Kota Magelang dan Disdukcapil Kota Magelang.

Tahun 2024 ini Indeks Pembangunan Statistik Kota Magelang berada pada nilai 3,26 atau masuk predikat Baik. Sebagai persiapan di tahun selanjutnya, Walidata akan segera mengkonsep koordinasi lintas OPD bersama Pembina Data dan Koordinator Forum Satu Data di akhir tahun 2024. (prokompimkotamgl)