Bantuan perahu dayung K2 itu telah tiba di kota Blora pada Jumat pekan lalu, perahu standar internasional bernilai ratusan juta rupiah tersebut dicek keberadaannya oleh perwakilan Kemenpora pada Kamis, 26 September 2024 di lokasi Waduk Tempuran.

Pada kesempatan itu, Utusan Kemenpora RI, Bayu dan Anung Prasetyo, yang datang ke Blora mengecek bantuan tersebut mengemukakan, bantuan ini tidak datang secara tiba-tiba, melainkan hasil dari pemetaan kebutuhan daerah oleh Kemenpora, dimana setiap bantuan disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kebutuhan riil masing – masing daerah.

Program DBON

‘’Dan yang terpenting lagi bantuan ini diberikan setelah daerah mengajukannya ke Kemenpora,’’ ujar Anung Prasetyo.

Dikemukakan, pemeriksaan terhadap bantuan perahu dayung ini dilakukan oleh tim utusan Kemenpora RI di Waduk Tempuran, Kabupaten Blora, yang juga menjadi salah satu lokasi latihan utama bagi para atlet dayung daerah.

Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan benar-benar sesuai standar dan siap digunakan untuk latihan maupun kompetisi. Pengecekan dilakukan bersama Dinporabudpar Blora dan KONI Blora.

Kemenpora menegaskan bahwa pemberian bantuan seperti ini memang difokuskan pada cabang olahraga (cabor) yang sudah menunjukkan prestasi, namun masih minim sarana dan prasarana.

“Blora, yang memiliki rekam jejak cukup baik di dunia olahraga dayung, dianggap layak menerima bantuan ini,” kata Anung Prasetyo.

Tidak hanya itu, Kemenpora juga menekankan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional tidak hanya di level provinsi dan nasional, tetapi juga di kancah internasional.

Lahir Atlet Berprestasi

“DBON sendiri merupakan proyek strategis pemerintah yang bertujuan mencetak atlet-atlet unggulan di berbagai cabang olahraga, termasuk dayung,” tandas Anung Prasetyo.

Pada kesempatan itu, Utusan Kemenpora RI, juga berdiskusi dengan para pelatih dan atlet tentang manfaat yang diharapkan dari penggunaan fasilitas baru ini.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini, dengan adanya perahu baru ini, kami yakin anak-anak Blora bisa berprestasi lebih baik lagi,” ungkap Joko, salah satu pelatih dayung Blora.

Sementara itu, Ketua Umum Koni Kabupaten Blora, H. Setiyono menyampaikan bahwa dengan perahu dayung yang baru ini, diharapkan Blora dapat melahirkan atlet-atlet dayung berprestasi yang bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

‘’Pedayung Blora selama ini kerap mengharumkan nama Blora di multievent olahraga Provinsi Jateng seperti Porprov Jateng. Di kancah Nasional juga sering berprestasi. Dengan adanya bantuan ini, tentu kami berharap prestasinya semakin meningkat,’’ ujar Ketua Umum KONI Blora.

Kudnadi Saputro