Di puncak Jabal Rahmah terdapat Tugu Putih banyak coretan tangan dari pengunjung. Di sini, banyak jemaah berdoa dan menulis harapan mereka. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jabal Rahmah, merupakan salah satu tujuan lokasi ziarah bagi jemaah haji maupun umrah. Bukit kecil ini, memiliki arti “Bukit Kasih Sayang”, makna historis dalam agama Islam.

Jabal Rahmah terletak di Arafah, dekat Kota Mekah, Arab Saudi. Tempat ini menjadi situs ziarah penting bagi jamaah haji dan umrah, karena diyakini sebagai lokasi di mana Nabi Adam dan Siti Hawa dipertemukan kembali.

Dalam tradisi Islam menyebutkan bahwa Jabal Rahmah adalah tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa setelah diusir dari surga.

“Jabal Rahmah ini tempat bertemunya Nabi Adam dengan Siti Hawa,” kata Fathurrahman, seorang Ustadz dari Makkah saat mendampingi ziarah jemaah umroh Fz, belum lama ini.

Seorang pengunjung Jabal Rahmah tampak khusuk berdoa. Foto: Ning S

Di puncak Jabal Rahmah terdapat Tugu Putih yang banyak coretan tangan dari para pengunjung. Di sini, banyak jemaah berdoa, bahkan mereka sengaja membawa alat tulis untuk menulis harapan mereka.

“Coretan tangan pengunjung di Tugu Putih Jabal Rahmah biasanya berisi harapan, doa, atau pesan cinta. Banyak yang mengekspresikan perasaan mereka tentang perjalanan spiritual dan pentingnya momen tersebut. Beberapa coretan juga mencerminkan kenangan bersama orang terkasih,” ungkap Fathurrahman.

Untuk mencapai puncak Jabal Rahmah, pengunjung harus menaiki 168 anak tangga. Namun mereka tampak antusias menaiki tangga demi tangga agar bisa sampai di puncak untuk melakukan sholat dan memanjatkan doa. Doa yang dipanjatkan tidak hanya meminta pasangan hidup saja, namun mereka juga banyak berdoa meminta berbagai pertolongan kepada Allah SWT, karena doa yang dilakukan di Jabal Rahmah sangatlah mustajab.

Berdasarkan satu riwayat, Jabal Rahmah juga menjadi lokasi di mana wahyu terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW saat beliau melakukan wukuf. Bukit ini memiliki makna simbolis sebagai tempat pengampunan dan rekonsiliasi.

Jabal Rahmah dianggap sebagai tempat mustajab untuk doa, terutama saat wukuf di Arafah. Jemaah haji melakukan ibadah di sini, mereka memanjatkan doa dengan harapan dikabulkan oleh Allah SWT.