Para personel TNI dari jajaran Kodim 0728 Wonogiri, ikut dilibatkan dalam pengamanan pengajian kebangsaan yang digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para personel TNI AD dari Kodim 0728 Wonogiri, ikut dilibatkan untuk pengamanan pengajian kebangsaan. Acara ini berlangsung di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, digelar dalam rangka deklarasi kampanye Pilkada damai.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, pengamanan dilakukan Selasa malam (24/9/24). Diawali dengan apel kesiapsiagaan di halaman Rumah Dinas Bupati Wonogiri, yang dipimpin Kabag Ops Kompol Agus Syamsudin.

Pengamanan dilakukan secara gabungan. Melibatkan para personel kepolisian dari berbagai satuan, anggota TNI dari Kodim 0728, aparat dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan dari Satpol-PP bersama pihak terkait lainnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, massa yang akan hadir ke Alun-alun Giri Krida Bakti, lebih dulu di-screening di gerbang masuk. Massa dilarang membawa barang yang berpotensi memicu kerusuhan dan keonaran. Dilarang membawa senjata, minuman keras, atribut persilatan dan barang-barang lain yang membahayakan bagi keselamatan.

Rekayasa

Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, para personel keamanan, diploting di sejumlah titik penggal jalan dan di lokasi pengajian. Ini dilakukan, dalam upaya memastikan pengajian kebangsaan yang mendatangkan Ulama Kondang Gus Muwafiq tersebut, berjalan aman, tertib, nyaman dan berlangsung dalam situasi yang kondusif.

Petugas, mengingatakan, agar massa pengunjung pengajian kebangsaan dalam rangka deklarasi kampanye damai dan pemanjatan doa bersama lintas agama tersebut, untuk senantiasa waspada. Juga bersikap hati-hati menjaga dirinya masing-masing, termasuk waspada terhadap kemunculan adanya copet.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menerjunkan aparatnya untuk melakukan rekayasa pengaturan arus lalu lintas. Yakni dengan menutup sejumlah ruas jalan dan mengalihkan arus lalu lintas, demi mewujudkan situasi kawasan Alun-alun Giri Krida Bakti tidak semrawut.

Pengajian kebangsaan, pemanjatan doa bersama dan deklarasi kampanye damai Pilkada 2024 tersebut, digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri. Acara ini, bejalan aman dan tertib. Berlangsung sampai Pukul 23.00 tanpa diwarnai insiden.(Bambang Pur)