Rapat pleno yang diperluas PWI provinsi Jateng bersama pengurus PWI Kabupaten/Kota menanggapi perkembangan yang terjadi di PWI belakangan ini. Foto: Dok PWI Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pengurus PWI Jawa Tengah menggelar rapat pleno yang diperluas bersama pengurus kabupaten menanggapi perkembangan yang terjadi pada organisasi wartawan tertua di Indonesia ini.

Rapat pleno yang digelar secara zoom. Senin (23/9/2024) malam, yang hasilnya menyatakan secara tegas mendukung sepenuhnya hasil keputusan Kongres Luar Biasa (KLB) PWI Pusat, yang memilih Zulmansyah Sekedang sebagai Ketua Umum PWI Pusat dan Sasongko Tedjo sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

Selain pengurus harian, pengurus pleno, dewan kehormatan, dan penasihat, rapat pleno diperluas juga diikuti hampir semua pimpinan PWI kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Sebagian kecil PWI kabupaten/ kota yang tidak hadir karena bersamaan dengan acara pengundian nomor urut calon kepala daerah, menyatakan sikap yang sama dengan PWI Jateng dan PWI kabupaten/ kota se-Jateng.

“Sikap PWI Jawa Tengah yang mendorong sesegera mungkin penyelesaian persoalan di PWI Pusat pernah kita nyatakan melalui rilis, juga saya sampaikan langsung di hadapan Hendry Ch Bangun saat pelaksanaan SJI (Sekolah Jurnalisme Indonesia) di Hotel Puri Garden Semarang. Sejak awal kami ingin penyelesaian secara internal organisasi,” kata Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS.

Namun, lanjutnya, persoalan di PWI Pusat justru semakin meruncing dan tidak menguntungkan citra organisasi di hadapan para mitra kerja.

Amir mengutarakan, persoalan yang berlarut dan banyak hal kontraproduktif dilakukan PWI Pusat akhirnya membuat PWI Jawa Tengah menyiratkan sikapnya.

Pertama, sebagai bentuk koreksi atas persoalan yang terjadi di PWI Pusat, pihaknya mengirimkan delegasi melalui surat mandat untuk mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) di Jakarta, 18-19 Agustus 2024.

Mandat diberikan pada Wakil Ketua Bidang Organisasi Isdiyanto Isman dan Sekretaris Setiawan Hendra Kelana.

PWI Jawa Tengah juga menugaskan Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Jawa Tengah Sri Mulyadi hadir sebagai peninjau dalam KLB.

Sikap tersirat kedua, lanjut dia, saat Porwanas XIV di Kalimantan Selatan, Jawa Tengah juga tidak hadir dan tidak mengirimkan perwakilan dalam Konkernas.

“Meskipun ikut bertanding, namun saat defile pembukaan Porwanas, Jawa Tengah juga tidak mengirimkan wakil,” terangnya.

Karena itu, lanjut Amir, sebenarnya sikap koreksi ini arahnya sudah jelas bahwa Jawa Tengah sepakat dengan hasil KLB yang memilih Zulmansyah Sekedang sebagai Ketua Umum PWI Pusat dan Sasongko Tedjo sebagai Ketua Dewan Kehormatan.