Salatiga Festival Bisnis dan Bazar UMKM di Alun-alun Salatiga. Foto: Umbu Franklin

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI, menyelenggarakan Salatiga Festival Bisnis dan Bazar UMKM Sabtu malam, 20-23/9/2024), di Alun-alun Lapangan Pancasila Salatiga.

Pembukaan acara dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani, Senin malam (21/9/2024). Yasip Khasani dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas dipilihnya Salatiga kembali menjadi tuan rumah untuk acara berskala nasional. Ia berharap festival ini dapat menarik wisatawan serta memberikan dorongan bagi pelaku usaha lokal untuk berkembang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Salatiga, Bayu Joko Mulyono, menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini adalah mempromosikan produk lokal dan meningkatkan kunjungan wisata. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat membantu UMKM memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing ekonomi di Salatiga.

Mengusung tema “UKM Kreatif Omzet Melejit,” festival ini diikuti oleh sekitar 50 UMKM binaan Pemkot Salatiga serta 20 UMKM yang dibina oleh BUMN, BUMD, dan pihak swasta. Berbagai sektor usaha turut berpartisipasi, termasuk kuliner, fashion, dan ekonomi kreatif.

“Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk belajar dan mengembangkan bisinis lebih baik, dengan adanya dukungan dari pemerintah saya yakin produk UMKM bisa lebih mendunia,” kata Cindy salah satu peserta festival penjual tahu krispi asal Klaten.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Salatiga Anita Yasip Khasani, perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit, serta jajaran Forkopimda setempat. Selama empat hari, festival ini akan dimeriahkan oleh sajian kuliner, pentas seni, serta berbagai lomba, menjadikannya acara yang menarik bagi masyarakat dan wisatawan.

Umbu Franklin-Mg