Pembukaan program Wirausaha Merdeka Kampus UKSW 2024 “Membara”. Foto: UKSW

“Program ini akan berlangsung dalam waktu yang singkat yakni selama 3 bulan yang dimulai pada 23 September hingga 15 Desember 2024,” tuturnya.

Program Membara UKSW 2024 menawarkan berbagai pelatihan yang menitikberatkan pada penciptaan produk ramah lingkungan, seperti penggunaan bahan baku daur ulang, pengembangan energi terbarukan, hingga inovasi dalam pengelolaan limbah. Para peserta juga akan mendapatkan keuntungan luar biasa, termasuk pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan, pendampingan dari praktisi wirausaha, jejaring, konversi maksimal 20 SKS, serta kesempatan mendapatkan pendanaan usaha.

Talkshow Membara UKSW 2024

Dalam acara pembukaan program Membara UKSW 2024, para peserta tidak hanya mendapatkan penjelasan mengenai program, kurikulum, dan arahan terkait kelompok bisnis. Mereka juga berkesempatan untuk mengunjungi jajaran stan produk inovasi dari kelompok Young Entrepreneur Progressive and Outstanding (Your Proud) seperti Beras Soy, Myselium Magic, Minuman Boba Probiotik Lemon-Lime Juice, dan Rollztation.

Tak berhenti sampai disitu, mereka juga diajak untuk mengikuti talkshow interaktif yang disampaikan oleh wirausaha muda di bidang eco-sociopreneur. Talkshow bertajuk “Generasi Baru Solusi Baru Menjelajahi Inovasi Muda untuk Dunia yang Lebih Baik” menghadirkan tiga narasumber untuk memberikan tips dan trik menjadi wirausaha muda yang berkelanjutan di bidang eco-sociopreneur. Mereka adalah Founder of Bale Hidroponik Aditya Yoga Sustika, Founder of Sapu Upcycle Erika Firniawati, dan Founder of Kreskros Plasticycle Deasy Esterina.

Ratusan peserta tampak antusias mengikuti program bergengsi ini. Saat dijumpai di sela acara, Luna Yureka Restu mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) UKSW mengaku bangga bisa lolos pada program ini. “Saya sangat tertarik mengikuti program ini. Tak hanya memperoleh benefit konversi SKS. Saja juga belajar untuk mempunyai usaha sendiri,” bebernya.

Kebanggaan ini tak hanya dirasakan oleh Luna saja, peserta lainnya Lia Hamidah dari Universitas Boyolali juga mengaku senang bisa bergabung menjadi bagian program Membara UKSW 2024. “Dengan latar belakang saya yang peduli dengan lingkungan dan sosial, program ini menjadi salah satu jalan untuk berproses menjadi wirausaha muda yang peduli dengan masalah sosial,” ungkapnya

Program Membara UKSW 2024 ini menandaskan komitmen UKSW untuk berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) ke-1 tanpa kemiskinan, ke-3 kehidupan sehat dan sejahtera, ke-4 pendidikan berkualitas, ke-8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta ke-8 industri, inovasi, dan infrastruktur.

Ning S