Pembukaan program Wirausaha Merdeka Kampus UKSW 2024 “Membara". Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) terus memperkokoh diri menjadi Entrepreneurship Research University. Semangat mencetak wirausaha muda ini tercermin melalui pembukaan program Wirausaha Merdeka Kampus (WMK) UKSW 2024 “Membara” (Membangun Masa Depan Berkelanjutan Melalui Wirausaha Muda Ramah Lingkungan dan Berjiwa Sosial (Eco-Sociopreneur) pada Senin (23/9/2024).

UKSW merupakan salah satu dari 38 perguruan tinggi di Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan program WMK 2024. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Ds. S. Djojodihardjo, Gedung Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Kampus Notohamidjojo ini diikuti 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa UKSW dan perguruan tinggi mitra yaitu Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Universitas Boyolali, Universitas Islam Batik Surakarta, dan Universitas Karya Husada Semarang.

Program Membara secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Eko Sediyono, yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, Prof. Eko Sediyono menyampaikan ucapan selamatnya kepada 200 peserta yang terpilih bergabung pada program ini.

“Selamat kepada seluruh peserta yang lolos. Melalui program ini kalian akan mendapatkan banyak masukan tentang kewirausahaan yang berjiwa sosial dari narasumber, dosen pembimbing lapangan, dan mentor,” ungkapnya.

Prof. Eko Sediyono juga menekankan program ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk membangun sinergi antar disiplin ilmu serta melatih kompetensi dasar mereka untuk menjadi seorang eco-sociopreneur. Ia berharap program ini dapat berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Usahakan bisnis yang kalian kembangkan selama menjadi mahasiswa melalui program ini dikelola dengan baik, tidak hanya saat masih kuliah, tetapi juga setelah lulus. Dengan begitu, kalian dapat berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” ujarnya.

Tingkatkan mindset eco-sociopreneur

Di samping itu, ketua pengelola WMK UKSW Membara 2024 Prof. Ir. Lieli Suharti, M.M., Ph.D., menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program ini. “Terima kasih kepada universitas mitra, dosen pembimbing lapangan, mentor hingga mahasiswa atas dukungannya dalam melaksanakan program ini,” katanya.

Ia berharap melalui program ini dapat meningkatkan mindset mahasiswa untuk memiliki kemampuan daya saing di tingkat nasional hingga internasional. Tak hanya mencetak wirausaha muda, program berfokus untuk membentuk wirausaha yang mampu melihat permasalah sosial dan berkarakter.