Pelatihan pertanian organik untuk petani di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan bersama Pertamina EP Cepu Field. Sabtu, 21 September 2024. Foto: Pertamina EP Cepu Field

BLORA (SUARABARU.ID) — Pertamina EP Cepu Field kembali menggelar pelatihan pertanian organik di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora Jawa Tengah pada Sabtu, 21 September 2024 lalu.

Pelatihan bertema ‘Pelatihan Dasar Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan’, berlangsung selama 5 hari mulai 17 September 2024-21 September 2024 diikuti oleh 36 peserta yang berasal dari 2 desa yakni desa Sumber dan Desa Mojorembun, Kecamatan Kradenan.

Dalam pelatihan ini para peserta dikenalkan secara lebih lanjut terkait bagaimana tata cara bertani dengan metode pertanian organik termasuk bagaimana cara perawatan, penanggulangan hama, hingga pembuatan pupuk organik dari bahan-bahan yang ada disekitar rumah warga.

Pada pelatihan ini para peserta juga diajak untuk membangun kesadaran pelestarian lingkungan dengan pengurangan penggunaan produk-produk kimia seperti pestisida dan pupuk kimia dalam pertanian sehari-hari.

Dalam sambutan pada pembukaan pelatihan tersebut, Camat Kradenan, Tarkun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pertamina EP Field Cepu yang telah menginisiasi program CSR di Kecamatan  Kradenan yang dipimpinnya, Tarkun  berharap program kerjasama antara pihak Pertamina dapat berjalan secara jangka panjang dan dapat semakin meluas ke wilayah-wilayah lain yang ada di wilayah Kabupaten Blora.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pertamina, kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti disini. Kami berharap ini dapat berjalan secara jangka panjang sehingga membawa kebermanfaat yang luas untuk petani yang ada di Kecamatan Kradenan maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Blora secara lebih luas,” ucap Tarkun.

Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Pada kesempatan itu, Field Manager Pertamina EP Cepu Field, Dody Tetra Atmadi menyampaikan bahwa program ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pertanian organik serta pelestarian lingkungan secara bersamaan.