Dikemukakan, pertanian organik selain memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi untuk masyarakat, melalui penerapan pertanian organik juga dapat menjaga kelestarian lingkungan yang ada di masyarakat dengan pemanfaatan bahan-bahan alami dan pengurangan penggunaan bahan kimia pada pertanian.

“Kami melihat potensi yang besar yang ada di kecamatan Kradenan, dalam pelatihan ini kami berharap masyarakat dapat meningkat, secara ekonomi, sekaligus dapat ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan,” pinta Dody Tetra Atmadi.

Pelatihan ini merupakan, lanjut Dody Tetra Atmadi, tahap awal dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Pertamina EP Cepu Field untuk masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan.

“Setelah melakukan pelatihan dasar tahap selanjutnya masyarakat akan mendapatkan pendampingan secara langsung dalam penerapan pertanian organik di lapangan, termasuk pendampingan perawatan, pembuatan produk, sertifikasi produk hingga pendampingan dalam penjualan produk,” tandas Dody Tetra Atmadi.

Kudnadi Saputro

 

Pelatihan pertanian organik untuk petani di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan bersama Pertamina EP Cepu Field. Sabtu, 21 September 2024. Foto: Pertamina EP Cepu Field