Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo (kiri), saat memberikan arahannya, bersama Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji. Foto: dok/bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan, pihaknya bersama ulama, sepakat memperkuat sinergi demi menjaga Kamtibmas selama Pilkada 2024.

Hal itu seperti yang dikemukakan, saat Kapolda menggelar silaturahmi Bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng, dalam rangka Harkamtibmas Pemilukada 2024 Aman dan Damai, di Legacy Hall, Semarang, Selasa (24/9/2024).

Kegiatan ini dihadiri PJU Polda Jateng, Kapolres dan Kasat Binmas jajaran Polda Jateng, Ketua NU dan Muhammadiyah Jateng, termasuk Ketua dan Sekertaris MUI Kabupaten/Kota se-Jateng.

BACA JUGA: Sukses Percepat Digitalisasi, Pemkot Semarang Jadi yang Terbaik se-Jawa Bali

Dijelaskan Kapolda, silaturahmi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan kunjungan sebelumnya, dimana pihaknya beberapa waktu yang lalu bersilaturahmi dengan Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Darodji, maupun Ketua PWNU Jateng dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng.

”Saya pesan kepada para Kapolres, tokoh agama, FKUB, tugasnya membimbing umat, beda-beda tipis dengan polisi. Saya minta para ulama diajak bersinergi dan berdiskusi, untuk secara bersama sama merumuskan, agar Pelaksanaan Pilkada aman,” pesan Kapolda Jateng.

Sementara itu, KH Ahmad Darodji menyatakan, ulama merupakan mitra sinergis dan strategis dari umaro (pemerintah). Jadi ulama dan kepolisian akan bersama-sama memelihara persatuan umat.

BACA JUGA: Pelantikan Pengurus PPDI Kecamatan Se-Kabupaten Pacitan

”Sebagai ulama dalam Pilkada kali ini, tugas kami menjaga suasana tetap sejuk, aman, damai, tenteram dan nyaman,” tegas Kiai Darodji.

Dijelaskan juga, potensi konflik sekarang tidak hanya dengan lisan, namun termasuk juga melalui media sosial. ”Saya minta seluruh MUI di kabupaten/kota, secara bersama-sama dengan pihak kepolisian, menyusun konsep untuk membuat Pilkada aman, nyaman dan damai,” pungkasnya.

Riyan