Ketua PPDI Kabupaten Pacitan Samsudin (kiri) melantik Pengurus PPDI Kecamatan se Kabupaten Pacitan. Pelantikan digelar di Pendapa Kabupaten Pacitan.(Prokopim Pacitan)
PACITAN (SUARABARU.ID) – Selasa (24/9/24), digelar upacara pelantikan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Se-Kabupaten Pacitan. Pelantikan dilaksanakan oleh Ketua PPDI Kabupaten Pacitan Samsudin.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara pelantikan digelardi Pendapa Kabupaten Pacitan. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, hadir memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Bupati memberikan ucapan selamat kepada pengurus PPDI Kecamatan yang dilantik. Kepada seluruh jajaran PPDI, Bupati berpesan untuk selalu menjaga kekompakan yang selama ini sudah terjalin baik untuk menjadi lebih baik lagi.

Yakni dalam menjaga komunikasi yang harmonis dengan masyarakat, kepala desa, camat, serta elemen lainnya. “Bagaimanapun kita butuh sinergitas yang baik, kompak serta situasi yang kondusif untuk membangun Pacitan,” pesan Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Pacitan bersama unsur Forkopimda, Pimpinan Organisasi Daerah (OPD), Anggota DPRD Provinsi Jatim Indra Widya Agustina  serta jajaran pengurus PPDI Provinsi Jawa Timur.

Sebagaimana diketahui, PPDI merupakan wadah yang dapat digunakan masyarakat, dalam menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Utamanya yang berkaitan dengan berbagai masalah yang ada di desa. PPDI ini sebagai salah satu wadah menjembatani penyampaian aspirasi dari masyarakat desa.

PPDI, merupakan salah satu organisasi profesi terbesar di Indonesia. Organisasi yang berdiri sejak tahun 2006 ini, terus berkembang, semenjak terbentuk pertamakali di Desa Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. PPDI didirikan oleh 4 orang, terdiri atas Amat Panggung dan H Nanang Budi Haryanto dari Pekalongan, Mohammad Aidin dari Pemalang dan Ubaedy Rosyidi dari Tegal.(Bambang Pur)