Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, saat mengecek kesiapan kendaraan yang akan dipakai, dalam acara Apel Pemberangkatan Tugas Walpri Polda Jateng. Foto: dok/bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, melepas keberangkatan sejumlah personel Pengawal Pribadi (Walpri). yang akan bertugas mendampingi dan mengamankan para calon kepala daerah, yang akan berkontestasi dalam Pilkada serentak 2024 di provinsi ini.

Pelepasan ditandai dengan Apel Pemberangkatan Tugas Walpri Polda Jateng, yang digelar di Halaman Mapolda Jateng, Senin (23/9/2024) pagi. Hadir dalam acara ini sejumlah PJU Polda Jateng, Kasatgas dan Kasubsatgas Ops Mantap Praja Candi 2024-2024.

Dalam amanatnya, Wakapolda menegaskan, tugas sebagai Walpri merupakan sebuah kehormatan. Mereka adalah personel pilihan, yang telah disiapkan untuk mendampingi dan mengamankan calon gubernur dan wakil gubernur, serta calon bupati/walikota dan wakilnya.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Beberapa Orang Tersangka Korupsi Percepataan Pendidikan Profesi Guru Agama Islam

”Tugas ini tidak main-main. Rekan rekan adalah personel pilihan, yang telah disiapkan melalui berbagai proses pelatihan, untuk mengawal calon kepala daerah,” tegasnya.

Brigjen Pol Agus berharap, setelah menjalani berbagai pelatihan, para personel Walpri bisa menunjukkan kemahiran, keterampilan dan profesionalitas dalam tugasnya.

”Tunjukkan bahwa rekan-rekan adalah personel yang mahir dan terampil serta profesional, dan mampu menempatkan diri,” ujarnya.

BACA JUGA: Deklarasi Kampanye Damai dengan Pengajian Kebangsaan

Wakapolda juga berpesan, agar para personel Walpri melaksanakan tugasnya dengan baik, dan tetap menjaga netralitas. Selain itu, seluruh personel Walpri juga harus mampu memahami kondisi dan dinamikanya di lapangan.

”Jaga netralitas, marwah dan wibawa Polri. Perhatikan sikap dan tutur kata. Pola tindak tanduk dan pola pikir dalam setiap langkah tugas, harus selalu dijaga. Walpri harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan situasi,” lanjutnya.

Selaku pimpinan, Brigjen Pol Agus juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas terpilihnya sebagai personel Walpri. Diakhir amanat, dirinya menitip pesan, agar personel Walpri bisa menjaga marwah Polda Jateng, melalui pelaksanaan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

”Laksanakan tugas sebagai Walpri sampai tuntas, dengan penuh rasa tanggung jawab. Jangan sampai ada komplain dan teguran. Tugas yang diemban ini merupakan suatu kehormatan bagi Polda Jateng dan jajaran. Kami yakin, rekan-rekan mampu melaksanakan tugas dengan baik,” tandasnya.

Riyan