Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana bersama Mensesneg Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian ruang tol Solo-Yogya seksi 1, Kamis 19 September 2024. Foto: Humas Pemprov

BOYOLALI (SUARABARU.ID)- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Solo-Yogyakarta-YIA seksi 1 Kartasura-Klaten, di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Kamis, 19 September 2024.

“Alhamdulillah ya jalan tol ini sudah diresmikan, mulai pukul 00.00 WIB nanti sudah bisa digunakan (untuk umum),” kata Nana Sudjana usai mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Ruas tol Solo-Yogyakarta ini, dijelaskan Nana, diproyeksikan untuk mengurai kemacetan di jalan nasional Solo-Yogyakarta. Ruas tol ini sekaligus sebagai pengungkit pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Keberadaan jalan tol ini dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di Klaten-Surakarta (dan sebaliknya). Semoga ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Presiden Joko Widodo mengatakan, ruas tol seksi 1 Kartasura-Klaten ini memiliki panjang 22,3 km.

Ruas ini memiliki tiga gerbang tol, yaitu Gerbang Tol Banyudono, Gerbang Tol Polanharjo, dan Gerbang Tol Klaten.

Pembangunan dimulai tahun 2021 dan selesai tahun 2024 dengan biaya sekitar Rp 5, 68 triliun.