Kepala Sekolah SMP1 Welahan Jepara saat memberikan sambutan.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Banyak cara dilakukan oleh umat muslim dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah kegiatan Maulid Nabi yang diselenggarakan oleh SMPN 1 Welahan, Kabupaten Jepara, Rabu (17/9/2024).

Ekspresi para siswa mencintai Nabi Muhammad dengan lantunan sholawat.

Kemeriahan sudah terasa saat grup rebana ‘Nurul Qolbi’ mengiringi lantunan shalawat para guru dan siswa di halaman tengah sekolah dengan bacaan kitab Al-barzanzi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Maulid Nabi tahun ini terasa lebih meriah karena diisi dengan kegiatan lomba menyanyi lagu religi dan shalawat antar kelas. Lomba ini diikuti oleh para siswa SMPN 1 Welahan.

Menurut Muhammad Abdul Muiz, koordinator acara, tujuan dari lomba ini adalah untuk memperkuat cinta para siswa kepada Nabi Muhammad saw. serta memberikan mereka wadah untuk mengekspresikan kecintaan tersebut melalui lantunan shalawat dan lagu-lagu religi.

Lomba shalawat dan lagu religi para siswa SMPN 1 Welahan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 1 Welahan, Rofi’i, mengingatkan pentingnya bershalawat kepada Nabi Muhammad saw. “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi”, kata Rofi’i sembari mengutip salah satu ayat Al Qur’an Surah Al-Ahzab: 56.

Lebih lanjut Rofi’i juga berpesan kepada seluruh siswa agar selalu meneladani akhlak Nabi Muhammad saw dalam setiap langkah kehidupan baik di dalam maupun di luar sekolah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mauidhotul hasanah yang disampaikan oleh Kyai Nurul Fawaid. Senada dengan Kepala Sekolah, Kiai Nurul Fawaid ia juga menekankan pentingnya meneladani kehidupan Nabi Muhammad saw.

Disampaikan dengan ringan namun penuh makna, membuat para siswa mengikuti dari awal hingga akhir dengan antusias. Kiai Nurul Fawaid juga menyelingi ceramahnya dengan lantunan shalawat yang direspon hangat oleh seluruh hadirin.

ua/endang

http://bit.ly/Pilkada2024KPPS