Andi Junaidi mendapatkan ucapan selamat atas prestasinya merebut emas selam. Foto: dok/konijateng

SABANG (SUARABARU.ID)– Tim Selam Jawa Tengah menorehkan catatan sejarah apik, saat berlaga di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Usai lima kali ikut PON, Tim Selam Jateng berhasil menggenggam medali emas untuk pertama kalinya.

Medali terbaik itu diraih Andi Junaidi, yang tampil di kategori Selam Laut pada nomor Orientasi Bawah Air (OBA) M Course Putra, yang dilangsungkan di Pelabuhan LTC 1, BPKS Sabang, Banda Aceh, Rabu (18/9/2024).

Andi berhasil menjadi yang terbaik, dengan catatan waktu 11.50,63 detik, dengan nilai kecepatan 210. Dia memperoleh total nilai 941 poin. Selain emas, di PON kali ini Jateng juga sukses meraih empat perunggu.

BACA JUGA: Giliran Cabor Paralayang Sumbang Emas untuk Jateng

Dua perunggu diperoleh melalui Steven Stanley Adrianno yang tampil di nomor Selam-3.000 M/Finswimming Putra, dan Selam Kolam 400 M Bifin putra. Lalu ada pula Ashifa Helsa Ashuroh, yang memperoleh dua perunggu dari nomor Selam Kolam 100 M Surface Putri, dan 50 M Surface Putri.

Wakil Ketua Bidang Prestasi Pengprov POSSI Jateng, Sungkowo menuturkan, pencapaian ini pantas disyukuri. Sebab, akhirnya Tim Selam Jateng mampu pecah telur meraih emas, di ajang multievent empat tahunan itu.

Alhamdulillah, dalam sejarah mengikuti lima kali PON, baru kali ini meraih emas. Boleh dikatakan, kami pecah telur di PON tahun ini,” kata Sungkowo, saat dihubungi usai pertandingan.

BACA JUGA: Tim Arung Jeram Jateng Raih Emas, Usai Libas Jabar dan DKI

Menurut dia, kesuksesan ini tak lepas dari performa konsisten para atletnya sejak Babak Kualifikasi PON tahun lalu. Sebelumnya, Tim Selam Jateng saat tampil di Kejurnas yang berlangsung di Palembang, berhasil meraih empat emas dan tiga perak.

”Kemudian saat Babak Kualifikasi PON, kami meraih 1 emas dan 1 perak, 1 perunggu. Kami bisa mempertahankan perolehan emas di BK PON,” ungkap dia lagi.

Cabor selam sendiri masuk dalam Lini 3 dari KONI Jateng, yang ditarget meraih satu emas. Selam laut pada PON 2024, dipusatkan di Pelabuhan LTC 1, BPKS Sabang. Sementara untuk kategori Selam Kolam dilangsungkan di Kolam Renang Tirta Raya, Banda Aceh.

Riyan