General Manager Terminal Peti Kemas Koja, Ali Mulyono saat serahkan bantuan kepada Kepala SMAN 1 Jepara Nur Yahya dalam Program Peliendo Mengajar, Selasa 17 September 2024. Foto : Hadepe

JEPARA(SUARABARU.ID) – SMAN 1 Jepara terpilih sebagai salah satu  sekolah dari 64 satuan pendidikan   di Indonesia yang menjadi tempat program Pelindo Mengajar tahun 2024. Disamping itu, kegiatan yang berlangsung Selasa 17 September 2024  terasa spesial bagi sekolah yang saat ini  memiliki  1.196 siswa dari 33 kelas yang ada.

General Manager Terminal Peti Kemas Koja, Ali Mulyono saat mengajar di SMAN 1 Jepara. Foto: Hadepe

Sebab yang datang mengajar adalah salah satu   alumni yang lulus tahun 1989. Ia adalah Ali Mulyono yang saat ini menjabat sebagai  General Manager Terminal Peti Kemas  Koja.

Karena itu 390 siswa kelas XII yang mengikuti Program Pelindo mengajar ini nampak antusias hingga acara usai. “Ada kebanggaan tersendiri bagi siswa, sebab yang mengajar dan memberikan motivasi adalah seniornya sendiri,” tutur Kepala SMAN 1 Jepara Nur Yahya saat diminta tanggapannya usai kegiatan. Harapan kami ini akan menjadi motivasi dan sekaligus inspirasi bagi siswa setelah lulus nanti, tambahnya

Ali Mulyono sendiri saat mengajar  mengungkapkan peran besar kementerian BUMN dalam pembangunan bangsa. Juga memberikan edukasi mengenai Industri Kepelabuhanan dan Logistik serta memperkenalkan Pelindo sebagai bagian dari BUMN kepada siswa. “ Pelindo Mengajar yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) ini dirancang untuk mengenalkan industri kepelabuhanan dan logistik kepada siswa sekolah menengah,” ujar Ali Mulyono.

General Manager Terminal Peti Kemas Koja, Ali Mulyono saat serahkan cindera mata kepada Kepala SMAN 1 Jepara Nur Yahya. Foto: Hadepe

Ini juga merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung dunia pendidikan dan sekaligus memperlihatkan bahwa Pelindo berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia,” ujar Ali Mulyono

Dalam kesempatan tersebut Ali Mulyono banyak memberikan tips bagi siswa untuk meraih kesuksesan. “Hidup ibarat sebuah lomba. Karena itu jangan berbangga berlebihan jika saat start Anda berada di depan. Disamping itu bagi yang merasa kurang, jangan minder. Namun harus berusaha dan fokus pada tujuan.  Sebab  hasil  akhir akan ditentukan  di finish,” ujarnya.

Lebih lanjut alumni UGM ini juga mengajak  siswa untuk menyadari posisi penting generasi muda sebagai kekuatan dan aset bangsa. “Karena itu gunakan waktu sebaik-baiknya untuk meraih  target yang ingin dicapai. Jika gagal, belajarlah dari kesalahan  untuk kembali meraih sukses. Tentu diperlukan semangat, target dan tujuan yang jelas,” pintanya.

Kepala SMAN 1 Jepara Nur Yahya saat menyampaikan sambutan. Foto: Hadepe

Ia juga menguraikan pentingnya soft skill yang menurutnya merupakan fondasi yang sangat krusial dalam membangun hubungan kerja yang kokoh dan  produktif untuk meraih kesuksesan.

“Kemampuan ini tidak hanya terbatas pada kemampuan komunikasi yang efektif, namun juga mencakup kemampuan membangun kolaborasi dan sinergitas,  kepemimpinan yang efektif dan inspiratif serta kemampuan dalam menyelesaikan persoalan secara kreatif,”  tutur Ali Mulyono. Ini penting sebab persaingan dalam dunia kerja sangat kompetitif, tambahnya.

Disela-sela mengajar, Ali Mulyono juga banyak melakukan dialog dengan siswa dan membagikan sejumlah hadiah. Disamping itu dalam program Pelindo Mengajar ini juga telah diserahkan bantuan 3 buah laptop  kepada Kepala  SMAN 1 Jepara, Nur Yahya.

Hadepe