Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia (FKPPAI) Sabtu (14/9) napak tilas ke puncak bukit Pager Jawa Desa Kalibening, Kecamatan Karanggayam, Kebumen,(Foto:SB/FKPPAI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Forum Keluarga Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia  (FKPPAI) Sabtu (14/9) napak tilas ke puncak Bukit Pager Jawa (sekitar 400 mpl), di Desa Kalibening, Kecamatan Karanggayam, di Kebumen utara.

Bersamaan Sabtu Wage, tentu merupakan hari yang sangat mengesankan bagi pengurus dan anggota FKPPAI DPC Kebumen. Betapa tidak, mereka mengagendakan napak tilas susur ke tempat yang oleh masyarakat Jawa di Kebumen dan sekitarnya, dianggap tempat yang masih keramat (wingit).

Tempat ini merupakan salah satu tujuan peziarahan, karena ada jejak sejarah. Tempat ini juga memiliki nilai historis luar biasa, karena di bukit tersebut dahulu pernah menjadi tempat tetirah seorang adipati (bupati) dan empu pembuat keris yang sangat terkenal.

Di puncak bukit yang udaranya sejuk itu tersimpan banyak keunikan. Ada di puncak perbukitan yang cukup tinggi. Pager Jawa masuk dalam wilayah Desa Kalibening, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen.

Pada ketinggian lebih dari 400 mpl, bukit Pager Jawa masih berupa hutan lebat dengan keanekaragaman pepohonan langka. Area ini mash dilindungi pemerintah melalui Dinas Kehutanan Wilayah Jawa Tengah Selatan.

Rombongan dipimpin Ki R Setyo Budi bersama sembilan personel dan dipandu oleh juru kunci Pager Jawa, memulai perjalanan dari Posko FKPPAI DPC Kebumen di Pejagoan, Pukul 13.00.

Berjalan menggunakan kendaraan menuju titik kumpul pertama di SMP N 2 Karanggayam, menempuh jarak sekitar 20 km, dengan waktu tempuh 1 Jam 20 menit. Mengingat jalanan cukup menanjak.

Menurut penuturan Setyo Budi, dari titik kumpul satu rombongan dijemput oleh juru kunci menuju kediamannya dengan jarak sekitar 5 Km,waktu tempuh 15 menit.

Jalanan makin menanjak dan sempit sehingga memerlukan kehati–hatian ekstra, karena di samping kanan-kiri  ada jurang sangat dalam.