Polisi setiap pagi mengatur arus lalu-lintas di jalan raya Jatiluhur, Karanganyar, Kebumen.(Foto:SB/Humas Polres),

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Masyarakat makin merasakan hadirnya personel Polres Kebumen saat mengatur lalu-lintas pagi hari sangat membantu kelancaran dan ketertiban umum di jalan.

Bahkan SMK Maarif 6 Ayah merasa sangat terbantu atas hadirnya personel polisi setiap pagi. Berkat hal tersebut secara tertulis pihak sekolah mengucapkan terima kasih, karena dua personel Polsek Ayah Polres Kebumen selalu mengatur lalu-lintas di pagi hari sehingga membantu pihak sekolah dan masyarakat saat akan menyeberang jalan.

Surat ditandatangani oleh Agus Priyanto selaku Kepala Sekolah SMK Maarif 6 Ayah, mengungkapkan hadirnya dua personel polisi setiap pagi sangat membantu warga sekitar, terutama yang melintas di depan sekolah.

“Kami menyampaikan terima kasih atas pelayanan pengamanan lalu lintas 2 personil Polsek Ayah di jalan raya depan SMK Maarif 6 Ayah setiap pagi hari. Berkat pengamanan tersebut peserta didik, guru, karyawan dan masyarakat umum terbantu ketika melalui lokasi jalan depan SMK Maarif 6 Ayah,”ujar kepala sekolah dalam surat yang diterima Polres Kebumen Jumat (13/9) 2024.

Personel Satlantas Polres Kebumen membagikan brosur keselamatan berlalu-lintas di Pasar Mertokondo, baru-baru ini.(Foto:SB/Humas Polres)

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho melalui Plt Kasi Humas Aiptu Nanang Faulatun mengungkapkan, masyarakat Kabupaten Kebumen diimbau untuk tetap tertib berlalu-lintas, meski telah ditempatkan personel polisi.

Hal ini mengingat arus lalu-lintas mengalami peningkatan terutama saat pagi hari, saat masyarakat akan memulai aktivitas dan para pelajar mau masuk sekolah.

Seluruh personel Polres Kebumen pada pagi hari digelar di penggal jalan, melayani masyarakat melakukan pengaturan lalu-lintas, terutama di titik rawan macet serta rawan kecelakaan.

“Meski telah kita tempatkan personel di sejumlah titik, kami tetap mengimbau agar masyarakat selalu tertib berlalu-lintas. Karena kecelakaan lalu-lintas pada dasarnya selalu dimulai dari sebuah pelanggaran,”jelas Aiptu Nanang, Selasa (17/9).

Melalui pengaturan lalu-lintas pagi yang dilakukan personel polisi Polres Kebumen hingga Polsek, Aiptu Nanang berharap masyarakat bisa lebih terbantua dan tercipa eklacaran serta ketertiban di jalan umum.

Guna menekan kecelakaan, melalui Satlantas Polres Kebumen, pengunjung Pasar Mertokondo Kebumen juga menjadi sasaran Dikmas Lantas.

Melalui Dikmas Lantas atau pendidikan masyarakat lalu-lintas, masyarakat diajak patuh terhadap Undang-Undang Lalu-lintas mulai dari diri sendiri.

Personel Satlantas melalui kegiatan itu membagikan sejumlah pamflet atau selebaran yang berisi informasi, edukasi, atau ajakan tertib berlalu-lintas.

“Semoga Kebumen benar-benar bisa mewujudkan zero accident atau nihil Kecelakaan , serta masyarakat lebih patuh terhadap Undang-Undang Lalu-lintas,”pungkasnya.

Komper Wardopo