Sejumlah UMKM Dari Jepon dan Ngawen Ikuti Bazar UMKM PKKP Jateng di Wisata Noyo Gimbal Blora. Minggu, 15 September 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, melalui program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) menggelar festival Bazar UMKM di Wisata Noyo Gimbal, Desa Bangsri, Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah, Minggu, (15/9/2024).

Sejumlah UMKM dari empat Desa, yang ada di Kecamatan Jepon dan Kecamatan Ngawen ikut dalam bazar yang dibuka langsung oleh Bupati Blora.

Dalam bazar tersebut, UMKM yang mengikuti pameran menampilkan sejumlah produk hasil kerajinan dan olahan.

Dijelaskan di laman PKKP Provinsi Jawa Tengah, Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) merupakan program yang dipelopori oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi pengangguran dengan menggerakkan kewirausahaan pemuda di pedesaan.

Bupati Blora Arief Rohman menunjukkan produk batik ecoprint dalam Festival Bazar UMKM. Foto: Kudnadi Saputro

Program ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan SDM berpendidikan tinggi di perkotaan, membangkitkan pemuda desa untuk melakukan kegiatan inovatif dan produktif, membuat desa menjadi inspirasi pembaharuan dan perubahan secara nasional.

“PKKP merupakan program unggulan Provinsi Jawa Tengah untuk pemberdayaan dan pembangunan desa.”