Kasi Propam Polres Kebumen AKP Sugiyanto bersama personel TNI dan Polri di Posko Netralitas TNI Polri di dekat Tugu Walet, Jumat 13/9.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen mendirikan Posko Netralitas TNI Polri di dekat Tugu Lawet Kebumen.

Posko tersebut sebagai tempat aduan masyarakat terkait netralitas anggota TNI dan Polri selama tahapan Pilkada 2024-2025.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho melalui Kasi Propam AKP Sugiyanto menjelaskan, posko tersebut berdiri hingga pelaksanaan pengamanan rangkaian Pilkada selesai.

“Setiap hari ada anggota dari Provos TNI maupun Polres Kebumen yang piket di posko tersebut. Posko tersebut berdiri selama Operasi Mantap Praja Candi selesai, atau sampai tahapan Pilkada selesai,”jelas AKP Sugiyanto, Jumat (13/9)

Kasi Propam Polres Kebumen bersama personel Polres.(Foto:SB/Humas Polres)

Menurut AKP Sugiyanto, aturan netralitas Polri tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, khususnya pada Pasal 28, yang menekankan bahwa Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Ia mengimbau agar personel TNI Polri tunduk pada aturan hukum yang ada.

AKP Sugiyanto selaku Kaposko Netralitas menyatakan , hadirnya Posko Netralitas di tengah gelaran Operasi Mantap Praja Candi, sebagai komitmen menyukseskan Pilkada 2024-2025 di wilayah Kebumen.

“Kami membuka pintu lebar kepada masyarakat jika menjumpai keterlibatan personel TNI Polri dalam politik praktis agar dilaporkan,”imbuh AKP Sugiyanto.

Selain mengawasi netralitas anggota, personel Provos TNI dan Polres Kebumen juga melakukan patroli sinergitas mengecek anggota yang berjaga di Kantor KPU dan Bawaslu.

Bahkan terkait netralitas, pada hari Kamis 12 September 2024, Bidpropam Polda Jateng melakukan kegiatan Supervisi Netralitas Pilkada tahun 2024-2025 di Kebumen.

Anggota yang tengah piket di KPU dan Bawaslu, serta di Posko Netralitas TNI Polri dilakukan pengecekan oleh Bidpropam Polda Jateng. Pada pengecekan itu, Bidpropam Polda Jateng tidak menemukan pelanggaran.

“Kami mengimbau jangan sampai ada pelanggaran anggota. Bapak Kapolres Kebumen juga menekankan kepada seluruh anggota Polres Kebumen agar benar-benar tidak terlibat politik praktis,”imbuhnya.

AKP Sugiyanto menambahkan, Posko Netralitas juga didirikan seluruh jajaran Polres, di bawah Polda Jateng.

Komper Wardopo