Suasana expo dalam seminar interaktif FSM UKSW “Santan Kelapa Muda Sains dan Matematika Gaya Anak” di Balairung Universitas, Rabu (11-09-2024). Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Suasana Balairung Universitas (BU) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) tampak berbeda ketika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) menggelar seminar interaktif bertajuk “Santan Kelapa Muda: Sains dan Matematika Gaya Anak”, Rabu (11/09/2024).

Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia sains dan matematika kepada para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di area Salatiga dan sekitarnya ini diikuti lebih dari 400 peserta meliputi siswa kelas XII dan guru pendamping dari 10 SMA serta mahasiswa FSM.

Kesepuluh sekolah tersebut diantaranya SMA Negeri 1 Salatiga, SMA Negeri 2 Salatiga, SMA Kristen Satya Wacana, SMA Negeri 1 Tuntang, serta SMA Negeri 1 Ambarawa.

Seminar interaktif ini menghadirkan dua narasumber utama yaitu Product Developer PT. Kievit Indonesia Ari Sulistiyono, S.Si., yang mengupas tuntas mengenai peran sains dan matematika di dunia industri hingga peluang karir di bidang tersebut, dan Dekan Fakultas Psikologi (FPsi) UKSW Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, M.Si., M.H., Psikolog, yang memberikan tips bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat.

Membuka paparannya, Ari Sulistiyono menyuguhkan sebuah video yang menunjukkan bahwa sains dan matematika merupakan ilmu dasar yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

“Sains dan matematika sangat menarik untuk dipelajari karena menjadi dasar dalam kehidupan kita, pondasi untuk berinovasi, menantang, dan versatile applications untuk berbagai tujuan,” paparnya.

Alumni Program Studi (Prodi) Kimia FSM UKSW angkatan 2000 ini menegaskan bahwa sains memainkan peran penting dalam mengasah kemampuan berpikir kritis yang pada akhirnya akan menghasilkan produk yang berkualitas.