Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (tengah menghadap lensa), memberikan sambutan di forum silaturahmi ulama umara yang digelar di Saung Sea Forest Pantai Pancer Door.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pacitan, Jatim, menggelar forum silaturahmi ulama dan umara. Ini dilakukan dalam upaya untuk mendukung terwujudnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 berlangsung aman dan damai.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, Rabu (11/9/24) mengabarkan, silaturahmi ulama dan umara ini berlangsung di Saung Sea Forest Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan. Mengambil tema ”Sinergi ulama umara, untuk mendukung Pilkada yang berkualitas, aman dan damai.

Acara ini dihadiri Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, para ulama, tokoh agama serta sejumlah Pimpinan Pondok Pesantren di Pacitan. Dalam acara silaturahmi ini, menghadirkan narasumber Wakapolres Pacitan Kompol Mujiono.

Di forum silaturahmi ulama umara ini, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, menyatakan sangat memgapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, forum tersebut harus dijaga selamanya, dan jangan hanya digelar pada momen-momen tertentu saja.

“Pacitan itu berbeda dengan kabupaten lain, karena tingkat kerukunannya patut dibanggakan, ini harus kita jaga selama-lamanya” kata Bupati.

Menurut Bupati, kerukunan penting karena pembangunan tanpa dilandasi keamanan dan kerukunan, tidak bisa terlaksana maksimal. “Sinergitas ulama dan umara, itu sebuah keniscayaan karena di ulama juga ada umara, sebaliknya di dalam umara juga ada yang ulama,” ungkap Wakapolres.(Bambang Pur)