Rektor Supari (keempat dari kiri) menerima sertifikat SNI ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, dan ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Suap, dari PT Evodia Global Sertifikasi (EGS). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Univeristas Semarang (USM), memperoleh sertifikat SNI ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, dan ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Suap.

Sertifikat SNI ISO INI diterima Rektor USM, Dr Supari ST MT, Jumat (6/9/2024), di Ruang Sidang Rektorat USM.

Dalam penyerahan sertifikat itu, dihadiri Sekretaris Universitas Dr Abdul Karim SE MSi Ak CA, Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Kepala Satuan Humas Kerja Sama dan Hukum Dr Wyati Saddewisasi SE MSi, dan Perwakilan dari PT Evodia Global Sertifikasi (EGS), MRA Puspitasari MPsi dan Fajar Sukoco SE MM.

BACA JUGA: Satresnarkoba Polres Kebumen Ciduk Buruh Angkut Pasir Pengedar Sabu

Dalam sambutannya, Rektor Supari mengatakan, ISO ini merupakan komitmen USM untuk manajemen mutu, dan mencegah penggelapan indikasi korupsi.

”USM bisa menjadi institusi yang bersih dan terbebas dari korupsi. Karena itu adalah capaian yang perlu kami banggakan. Kami berharap, tahun depan bisa melebar ke ISO yang lain. Sehingga institusi ini bisa makin bermutu, baik internal maupun eksternal.

Sementara itu, perwakilan dari PT EGS, MRA Puspitasari MPsi mengungkapkan, USM layak mendapat sertifikat ISO, karena telah lolos audit secara eksternal.

BACA JUGA: Bupati Kebumen Lepas Lima Pelajar Kuliah Gratis di Universitas Pertamina

”USM telah membuktikan, mampu menyusun dokumen secara baik, dan bisa mengimplementasikan serta lolos audit secara eksternal,” jelasnya.

Puspitasari berharap, USM berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan, pada sistem manajemen yang telah dibangun.

”Kami berharap, sertifikat ini tidak hanya berhenti di sini, tapi juga butuh komitmen yang tinggi dari semua level. Ke depan, harus selalu melakukan perbaikan, agar sistem yang berjalan tetap bisa mengikuti lajunya organisasi,” ungkapnya.

Riyan