Mohammad Yasin (kanan), saat di atas podium bersiap menerima pengalungan medali perunggu. Foto: dok/konijateng

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Manajer Tim Angkat Besi Jawa Tengah yang berlaga di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Nurwinto Sri Prakosa, menyatakan bersyukur atas raihan medali perunggu yang didapat atletnya, Mohammad Yasin.

Berlaga di Kelas 73 Kg Putra, Mohammad Yasin harus mengakui keunggulan atlet asal Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah yang meraih medali emas, dan Handoko Meitriana (Jawa Barat/perak).

”Peraih emas Rahmat Erwin Abdullah kelasnya memang jauh dari Mohammad Yasin. Rahmat memang disiapkan untuk berlaga di event yang lebih besar, SEA Games, Asian Games dan olimpiade,” kata Nurwinto, yang dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (6/9/2024).

BACA JUGA: Pemeriksaan Kesehatan Dua Pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Dinyatakan Memenuhi Syarat

Jumlah total angkatan yang dilakukan Rahmat Erwin yakni 345 kg. Sedangkan Handoko 302 kg dan Mohammad Yasin 301 kg. ”Dilihat dari jumlah total angkatan yang diraih Rahmat Erwin, memang jauh dari atlet kita. Tetapi kami tetap bersyukur, Mohammad Yasin mampu meraih perunggu,” imbuhnya,

Diungkapkan dia, prestasi Mohammad Yasin sayangnya tak diikuti lifter putri Tasya Putri, yang tampil di kelas 59 kg. Dia gagal naik podium, pada cabor angkat besi yang digelar di GOR Seramoe Banda Aceh.

Tasya yang masih berumur 17 tahun ini, kalah bersaing melawan lifter senior, dan hanya menempati posisi keempat di kelas itu. Total angkatan yang didapatkan Tasya yakni 174 kg, dari perincian angkatan 77 kg snatch dan 97 kg clean and jerk.

BACA JUGA: Pemkab Apresiasi Empat Kecamatan di Kebumen Lunas PBB

Poin Tasya hanya selisih empay angka dari peraih medali perunggu, atas nama Tania Constantia (Jambi) dengan total angkatan 178 kg (78 kg snatch, 100 kg clean and jerk)

Sedangkan di kelas ini medali emas direbut atlet asal Papua, Natasya Beteyob dengan total angkatan 214 kg (97 kg snatch, 117 kg clean and jerk), dan medali perak atas nama Sarah dari Jabar dengan total angkatan 205 kg (92 kg snatch, 113 kg clean and jerk).

Selanjutnya, dua atlet angkat besi Jateng akan berlaga, yakni M Najib (89 kg putra) dan Anis Nur Romadoni (76 kg putri), pada Sabtu (7/9/2024).

Riyan