Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho mengungkapkan, hingga sampai saat ini tahapan Pilkada Kabupaten Kebumen 2024 berjalan sangat kondusif.

Berdasarkan pantauan melalui Posko Mantap Operasi Praja Candi 2024 Polres Kebumen, para calon kontestasi telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Paviliun Abiyasa Geriatri selama dua hari, Sabtu 31 Agustus–Minggu 1, dengan dikawal Polres Kebumen.

Proses pemeriksaan kesehatan berjalan lancar sesuai rencana dan tahapan yang disyaratkan. Hasil pemeriksaan kesehatan ini nantinya akan diserahkan oleh KPU Kebumen ke masing-masing bakal pasangan calon.

“Situasi Kamtibmas di Kebumen berjalan kondusif. Rangkaian Pilkada juga terpantau kondusif. Kami ucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah menjaga iklim sejuk di wilayah Kebumen,”jelas AKBP Recky, Senin (2/9).

Sebelumnya dua pasangan calon, Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih dan Lilis Nuryani-Zaeni Miftah, telah mendaftarkan diri ke KPU setempatruntuk maju dalam Pilkada Kabupaten Kebumen.

Pada setiap tahapan, Polres Kebumen bersama sejumlah instansi yang terlibat dalam pengamanan, mengamankan setiap tahap yang telah berjalan.

Menurut Kapolres, meski pengamanan diembankan kepada Polres Kebumen dan Kodim 0709, seluruh elemen masyarakat juga wajib menjaga iklim sejuk di wilayah masing-masing.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kebumen terkait situasi kondusif ini. Mari bersama-sama jadikan Pilkada Kebumen ini sebagai pesta demokrasi yang menggembirakan. Jadikan perbedaan pilihan sebagai sehatnya pesta demokrasi,”imbuhnya.

Kapolres pun optimistis, hingga proses akhir tahapan Pilkada di Kebumen nanti situasi Kebumen akan selalu kondusif jika semua kompak menjaga iklim sejuk dan saling menghargai perbedaan.

Komper Wardopo