Paslon Gus Itab dan Mas Sidqi yang diusung PPP, PAN dan Partaib Ummat saat melakukan pemeriksaan kesehatan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat-Amir Husein (Afif-Husein) dan KH Khairullah AlbMujtaba-Sidqi Ferin Diana (Gus Itab-Mas Sidqi), menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, Sabtu (31/8) hingga Minggu (1/9/2024).

Afif-Husein didusung 8 partai parlemen, yakni PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Demokrat, Golkar, Nasdem, Perindo dan Hanura dan 4 partai non parlemen, seperti Gelora, PKS, PSI dan PBB. Sedang Gus Itab-Mas Sidqi diusung PPP (2 kursi di DPRD) dan PAN serta Partai Ummat (partai non parlemen).

Ketua KPU Kabupaten Wonosobo, Ruliawan Nugroho, menyampaikan bahwa kedua pasangan calon telah menjadi pasien rawat inap sejak Jumat (30/8/2024) malam untuk memudahkan koordinasi.

“Pemeriksaan narkoba dan kejiwaan dilakukan sejak kemarin dan akan berlangsung hingga sore hari. Sedang hari berikutnya adalah general check up secara keseluryhan,” ungkapnya dalam konferensi pers di RS Margono Soekardjo Purwokerto, Sabtu (31/8/2024).

Ruliawan menjelaskan bahwa proses pemeriksaan kesehatan akan berlanjut hingga Minggu (1/9/2024) dengan berbagai tes dari pihak rumah sakit. Dia berharap semua paslon bisa mengikuti pemeriksaan dengan baik untuk mengetahui kondisi kesehatan yang ada.

Hasil pemeriksaan kesehatan dijadwalkan keluar pada 4 September dan akan diplenokan oleh KPU Wonosobo. Seluruh hasil kesehatan paslon merupakan kewenangan pihak rumah sakit. KPU sifatnya hanya mengumumkan hasil pemeriksaan tim dokter.

“Jika hasilnya tidak sehat, maka pasangan calon dapat diganti karena tidak memenuhi persyaratan. Tapi kami berharap semua paslon hasilnya sehat sehingga bisa mengikuti proses selanjutnya,” jelasnya.

Sehat Bugar

Paslon Afif dan Husein yang diusung koalisi 12 partai saat melakukan pemeriksaan kesehatan. Foto : SB/Muharno Zarka

Selain pemeriksaan kesehatan, proses verifikasi berkas administrasi pencalonan juga terus berjalan. KPU saat ini sedang menyelesaikan proses penelitian dan verifikasi berkas masing-masing paslon.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, Afif-Husein, mengaku siap menjalani semua tahapan pemeriksaan kesehatan. Afif menekankan pentingnya kesehatan fisik dan mental bagi seorang pemimpin daerah.

“Kami ingin menunjukkan kepada pemilih bahwa kami sehat secara lahir dan batin. Kami selama ini juga aktif menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga di sela-sela kegiatan di pemerintahan,” ujarnya didampingi Amir Husein.

Sementara itu, pasangan calon Gus Itab dan Sidqi menyatakan siap mengikuti pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur. Alhamdullihan, ujar Gus Itab, sejauh ini kesehatan dirinya maupun Mas Sidqi dalan keadaan baik dan bugar.

“Kami siap secara jasmani dan rohani, mohon doa agar kami lolos pemeriksaan kesehatan ini. Di dalam tubuh yang sehat pasti terdapat jiwa yang sehat pula,” kata Gus Itab didampingi Sidqi.

Selain paslon dari Wonosobo, pemeriksaan kesehatan juga berlangsung di RSUD Margono Soekarjo untuk paslon Bupati dan Wakil Bupati dari Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga dan Kebumen.

Muharno Zarka