Salah satu wasit Percasi nasional memeragakan cara permainan dengan sistem baru, dalam even hari ini (Sabtu, 31/8/24). Foto: Humas KONI

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Sebanyak 18 klub senior dan 4 klub junior Catur se-Kabupaten Magelang mengikuti Kejuaraan Catur KONI Cup 2024, hari ini, Sabtu (31/8/24) dan besok pagi. Kejuaraan tingkat kabupaten di Gedung Bung Karno, Desa/Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, itu dengan jumlah peserta 66 orang.

Hari ini untuk kelompok senior, sedangkan besok pagi, Minggu (1/9/24) untuk junior.

Wakil Ketua KONI Kabupaten Magelang, Sany Budi Tjahyana, ketika membuka acara tersebut menyatakan, tujuan kejuaraan antara lain untuk mengaktifkan lagi catur di daerah tersebut. Salah satunya untuk mendapatkan atlet Catur yang handal. Regenerasi atlet juga sangat penting.

“Agar bisa mewakili Kabupaten Magelang pada pekan olahraga provinsi (Porprov) yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu Ketua Percasi Kabupaten Magelang, Daru Aditya, dalam kesempatan yang sama berterima kasih kepada KONI. Khususnya atas dana hibah yang diberikan sebesar Rp 21 juta untuk kegiatan tersebut. “Alhamdulillah atlet se-kabupaten bisa gabung,” katanya.

Sebagai hasil kejuaraan dengan
sistem Swiss 5 babak itu, peringkat 1-4 adalah klub Ngluwar, Tegalrejo, SMP 2 Borobudur dan Secang.

Hadiah turnamen untuk juara pertama sampai empat, masing-masing Rp 500 ribu, Rp 400 ribu, Rp 300 ribu dan Rp 250 ribu. Sedangkan yang beregu masing-masing Rp 1,2 juta, Rp 900 ribu, Rp 750 ribu dan Rp 600 ribu/klub.

Eko Priyono