KA Menoreh. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang akan mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada KA Menoreh dengan rute Semarang Tawang Bank Jateng – Pasar Senen PP, mulai Minggu, 1 September 2024 mendatang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengungkapkan, inovasi ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

“KAI terus berupaya menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman bagi para penumpang. Kereta ekonomi yang sebelumnya memiliki 80 tempat duduk dengan sandaran tegak lurus dan saling berhadapan, kini digantikan dengan kereta ekonomi yang memiliki 72 tempat duduk dalam formasi 2-2 yang lebih nyaman dan tidak lagi berhadapan,” ungkapnya.

Menurutnya, pengurangan jumlah tempat duduk ini memberikan ruang kaki (leg-room) yang lebih luas, meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan. Kursi-kursi pada kereta ini juga telah ditingkatkan menjadi tipe captain seat yang lebih ergonomis, dapat diatur kemiringannya (reclining), serta bisa diatur menghadap arah laju kereta atau saling berhadapan (revolving).

Tidak hanya pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta yang kini dilengkapi dengan Public Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi waktu dan suhu. Desain interior kereta telah dimodifikasi agar lebih menyerupai kereta eksekutif, baik dalam bentuk bagasi maupun suasana interior yang lebih cerah dan modern. Toilet juga diperbaharui dengan nuansa yang lebih mewah dan dilengkapi dengan toilet duduk.

Dikatakan, Kereta Ekonomi New Generation ini merupakan hasil modifikasi yang dilakukan di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan. KAI berencana untuk memodifikasi seluruh kereta ekonomi jenis long seat menjadi kereta ekonomi new generation secara bertahap hingga tahun 2025.

Untuk tiket KA Menoreh ini tersedia dengan harga mulai dari Rp250.000 hingga Rp280.000. Rangkaian KA Menoreh dapat menampung hingga 576 penumpang.

“Pengoperasian kereta ekonomi new generation pada KA Menoreh ini merupakan bagian dari upaya KAI dalam meningkatkan kenyamanan dan keselamatan perjalanan penumpang. Kami berharap dengan adanya inovasi ini, minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” tambah Franoto.

Berikut jadwal perjalanan KA Menoreh rute Semarang-Jakarta:
– Berangkat dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 07.55 WIB.
– Stasiun Weleri 08.33 WIB.
– Stasiun Batang 09.06 WIB.
– Stasiun Pekalongan 09.21 WIB.
– Stasiun Pemalang 09.51 WIB.
– Stasiun Tegal 10.19 WIB.
– Tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 14.27 WIB.

Jadwal perjalanan KA Menoreh rute Jakarta-Semarang:
– Berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 16.45 WIB.
– Stasiun Bekasi 17.16 WIB.
– Stasiun Cikarang 17.30 WIB.
– Tiba di Stasiun Tegal pukul 21.07 WIB.
– Stasiun Pemalang 21.34 WIB.
– Stasiun Pekalongan 22.02 WIB.
– Stasiun Batang 22.16 WIB.
– Stasiun Weleri 22.49 WIB.
– Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 23.30 WIB.

Ning S