Stasiun Alastua Kota Semarang. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Setelah sebelumnya menambah stasiun pemberhentian di Stasiun Telawa Kabupaten Boyolali, kini PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mulai 1 September 2024 kembali meningkatkan pelayanan pada KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan PP dengan menambah stasiun pemberhentian untuk melayani naik turun penumpang di Stasiun Alastua Kota Semarang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan, KA Banyubiru sebelumnya berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Brumbung, Stasiun Telawa, Stasiun Karangsono, Stasiun Gundih, Stasiun Salem dan Stasiun Solo Balapan.

“Mulai hari Minggu besok tanggal 1 September 2024 KA Banyubiru menambah pemberhentian untuk naik turun penumpang di Stasiun Alastua. Bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah Genuk maupun wilayah Semarang Timur dan sekitarnya yang ingin menuju Solo menggunakan kereta api, kini dapat menggunakan KA Banyubiru,” jelasnya.

Dikatakan, KA Banyubiru memiliki dua perjalanan kereta api pulang pergi, dengan kelas pelayanan meliputi kelas eksekutif-ekonomi dengan kapasitas 630 tempat duduk dan kelas pelayanan eksekutif-bisnis dengan kapasitas 342 tempat duduk.

Untuk harga tiket, kelas eksekutif dapat dibeli dengan harga mulai 80 ribu rupiah, kelas bisnis mulai 40 ribu rupiah, dan kelas ekonomi mulai 40 ribu rupiah. Sedangkan untuk waktu tempuh perjalanan dari Semarang menuju Solo maupun sebaliknya, KA Banyubiru membutuhkan waktu 2 jam 2 menit hingga 2 jam 16 menit setiap perjalanannya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA Banyubiru dan hendak berangkat dari Stasiun Alastua, sudah dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI.

“Penambahan jumlah pemberhentian stasiun pada perjalanan KA Banyubiru ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, khususnya untuk mengakomodir masyarakat yang ingin bertransportasi menggunakan jasa angkutan kereta api,” ungkap Franoto.

Adapun jadwal keberangkatan KA Banyubiru dengan tujuan Stasiun Solo Balapan,
– Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 07.50 dan 20.45 WIB
– Stasiun Alastua pukul 08.02 WIB
– Stasiun Brumbung berangkat pukul 08.11 dan 21.03 WIB
– Stasiun Telawa berangkat pukul 08.49 dan 21.44 WIB
– Stasiun Karangsono berangkat pukul 22.01 WIB
– Stasiun Gundih berangkat pukul 09.12 dan 22.17 WIB.

Sedangkan jadwal keberangkatan KA Banyubiru dengan tujuan Semarang Tawang Bank Jateng,
– Stasiun Solo Balapan pukul 10.40 dan 17.15 WIB
– Stasiun Gundih pukul 11.22 dan 17.57 WIB
– Stasiun Telawa pukul 11.43 dan 18.20 WIB
– Stasiun Brumbung pukul 12.22 dan 19.14 WIB
– Stasiun Alastua pukul 12.32 WIB.

“Dengan penambahan jumlah stasiun pemberhentian KA Banyubiru ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi massal kereta api, sekaligus dapat meningkatkan mobilitas serta perekonomian masyarakat di wilayah Jawa Tengah,” kata Franoto.

Ning S