Foto bersama, para bakul (pedagang) Pasar Kota (Paskot) Wonogiri yang meraih gelar juara dalam lomba menyanyi karaoke di Parade Kemerdekaan RI Tahun 2024.(Paskot Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Lagu berjudul Nyanyian Rindu, populer dibawakan oleh penyanyi kesohor Evie Tamala. Penyanyi dangdut asal Tasikmalaya ini, bernama asli Cucu Suryaningsih yang nge-hit pada akhir 1980-an. Dia kemudian merilis lagu ini pada 1997 sebagai bagian dari albumnya yang bertajuk Suara Hati Evie Tamala.

Kutuliskan syair ini hanya untukmu/ Kunyanyikan lagu ini hanya untukmu/ Walau jauh engkau di sana/ Hati rindu ingin berjumpa/ Hanya gambarmu yang slalu kupandang. Betapa besar cinta ini pada dirimu/ Kucurahkan kasih sayang hanya padamu.

Bulan saja mengerti diriku/ Aku ini sedang jatuh cinta/ Pada mu sayang/ Apa memang tiada kau merasa/ Atau memang tiada dirasa getaran jiwa/ Masih terngiang selalu/ Merdu suaramu kasih….

Ditingkah suara lengking tiupan suling yang syahdu dan iringan instrumen musik berirama dangdut yang khas, membuat lagu ini populer pada masanya dan dicintai masyarakat hingga sekarang. Adalah Winarsih (Mbak Win), yang memilih Nyanyian Rindu saat maju lomba menyanyi karaoke di event Parade Kemerdekaan RI Tahun 2024.

Winarsih, sehari-hari adalah bakul (pedagang) Bumbon (rempah-rempah bumbu dapur) yang berjualan di lantai-2 Pasar Kota (Paskot) Wonogiri. Dia memiliki kualitas suara merdu, dan mampu menyanyikannya dengan penuh penghayatan.

Panakawan

Hasilnya, Winarsih mampu meraih nilai tertinggi (705), dan menjadi juara pertama di event lomba menyanyi karaoke yang digelar di Panggung Parade Kemerdekaan Paskot Wonogiri. Dia tampil sebagai juara bertahan, karena Tahun 2023 lalu, Winarsih juga meraih gelar juara pertama.

Kepala (Lurah) Paskot Wonogiri, Yato Baloeng, Senin (26/8/24), menyatakan, untuk Juara Kedua lomba menyanyi karaoke diraih oleh Sartono dengan total nilai 700 dan Juara Ketiga oleh Amar dengan total nilai 685. Sartono, tampil menyanyikan lagu berjudul Gelandangan (Rhoma Irama). Kemudian Amar mendendangkan lagu berjudul Terbayang-bayang (Ona Sutra).

Juara Harapan 1 dimenangi Dadang dengan total nilai 680, dan Juara Harapan 2 diraih oleh Riyan (nilai 675). Dadang tampil menyanyikan lagu berjudul Jangan Cintai Aku (Hamdan AT), kemudian Riyan mendendangkan tembang Obati Rinduku (Cantika Davinca).

Bersamaan dengan event Parade Kemerdekaan yang diadakan oleh komunitas para bakul Paskot Wonogiri tersebut, juga digelar lomba joget dan lomba senam sehat Tamang Pung Kisah. Sebelumnya, juga digelar lomba jalan sehat massal. Panitia Parade Kemerdekaan, memberikan hadiah kepada para peraih juara lomba.

Panggung Parade Kemerdekaan yang digelar di lantai satu pasar tradisinonal tersebut, juga menyajikan tarian tradisional Kethek Ogleng. Ditampilkan pula empat anak Wayang Wong (wayang orang) pemeran tokoh gecul (jenaka), yakni Catur Panakawan yang terdiri atas Semar, Gareng, Petruk dan Bagong.(Bambang Pur)