Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta meresmikan objek "Wisata Sawah Bengkok" yang terletak di kawasan persawahan Desa Mantingan, Tahunan pada Minggu, (25/8/2024)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta meresmikan objek wisata baru di Kabupaten Jepara yang diberi nama “Wisata Sawah Bengkok” yang terletak di  kawasan persawahan Desa Mantingan, Tahunan pada Minggu, (25/8/2024).

Dalam acara tersebut, hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Jepara, sejumlah pimpinan perangkat daerah, Forkopimcam Tahunan, serta jajaran perangkat desa Mantingan dan tamu undangan.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta dialog dengan warga usai meresmikan objek “Wisata Sawah Bengkok” yang terletak di kawasan persawahan Desa Mantingan, Tahunan pada Minggu, (25/8/2024)

“Ini merupakan inovasi yang bagus dan luar biasa, ke depan mohon dikembangkan dan ditingkatkan karena ini adalah bentuk pemanfaatan potensi lokal desa,” kata Pj Bupati Jepara.

Dia sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Mantingan yang telah berinovasi dengan memanfaatkan lahan persawahan milik desa menjadi sebuah objek wisata. Lebih lanjut, dia meminta objek wisata ini dikelola secara profesional dan mendorong untuk menawarkan atraksi ataupun kuliner yang khas di wisata tersebut.

“Saya mengajak warga Mantingan, Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan), dan semua pihak untuk ikut mempromosikannya,” ujarnya.

Dirinya menyebut, dengan promosi yang tepat dan berkelanjutan, wisata lokal “Sawah Bengkok” akan makin dikenal dan menjadi salah satu destinasi wisata lokal yang menawarkan keunikan tersendiri. Dirinya juga berpesan, yang terpenting kebersihannya harus selalu dijaga.

“Langkah-langkah tersebut tentu berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes), dan bisa digunakan untuk pembangunan desa, serta meningkatkan kesejahteraan warga,” tuturnya.

Petinggi Desa Mantingan, Mohammad Syafi’i menghaturkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Jepara dan Pemdes Mantingan serta warga yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pembukaan objek wisata “Sawah Bengkok” tersebut. Dikatakannya juga, ke depan pihaknya siap berinovasi dan mengembangkan objek wisata tersebut agar lebih dikenal masyarakat luas.

Dalam acara peresmian objek wisata tersebut, diramaikan juga dengan lomba memancing yang dilaksanakan di sungai yang terletak di kawasan objek wisata tersebut. Ajang perlombaan yang sangat meriah itu diikuti ratusan orang dari berbagai penjuru desa di Kabupaten Jepara.

Hadepe