koalisi
Tiga pimpinan partai politik dai Kota Magelang, ( dari kiri duduk) M Hasan Suryo Yudho ( Partai Gerindra), Budi Prayitno ( PDIP) dan Dian Mega Aryani ( Partai Demokrat) usai menunjukkan surat komitmen bersama pada Pilkada Kota Magelang, Sabtu ((24/8/2024) kemarin. Foto: (Istimewa

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Tiga partai politik di Kota Magelang sepakat menjadi koalisi menjelang  masa pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil  Wali Kota  Magelang.

Ketiga partai politik tersebut  yakni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrat.

“Dari kesepakatan bersama tersebut, salah satunya menyepakati bakal calon wali kota berasal dari PDIP dan bakal calon wakil wali kota  dari Gerindra. Sedangkan, Partai Demokrat ikut mengusung pasangan calon dari PDIP dan Gerindra tersebut,” kata Ketua DPC PDIP Kota Magelang, Budi Prayitno, usai penandatangan bersama tiga parpol, Sabtu, (24/8/2024).

Budi mengatakan, kesepakatan lainnya dari ketiga partai politik tersebut, yakni pimpinan cabang parpol diminta segera melaporkan hasil koalisi kepada pimpinan parpol yang lebih atas.

Selain itu, ketiga partai politik akan mendeklarasikan pasangan calon  yang akan diusung untuk Pilkada Kota Magelang, pada Rabu (28/8/2024).

Insya Allah deklarasi akan dilaksanakan  Rabu (28/8) jam 09.00 atau 10.00 di Alun-alun. Kemudian, langsung mendaftar ke KPU,” kata Budi Prayitno.

Budi Prayitno menambahkan, hingga saat ini DPC PDIP Kota Magelang belum menerima surat rekomendasi dari DPP PDIP  tentang nama bakal calon wali kota  yang akan diusung.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Magelang, Nella Karnela Yunissari mengatakan, hingga saat ini DPC Gerindra Kota Magelang juga belum menerima rekomendasi dari DPP Gerindra, untuk bakal calon wakil wali kota  dari Gerindra.

Namun, sesuai dengan kesepakatan yang sudah dilakukan, DPC Gerindra Kota Magelang mendapat‘jatah’ bakal calon wakil wali kota  untuk Pilkada Kota Magelang.

Ia menambahkan pihaknya belum bisa menyebutkan nama yang bakal menjadi bakal calon wakil wali kota dari Gerindra. Karena, hingga saat ini  terdapat sejumlah nama masih digodok .

“ Diharapkan rekomendasi tersebut turun pada Senin ( 26/8). Dan, saat ini masih dalam proses,”katanya.

W.Cahyono