Aksi seorang peserta lomba menembak edukasi Piala Pura Group. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ratusan pelajar di Kabupaten Kudus mengikuti lomba edukasi menembak memperebutkan piala Pura Group. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Muria Shooting Club (MSC) dan Pura Group ini digelar di lapangan tembak Baracuda Tanjungrejo, Minggu (25/8).

Dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Revlisianto Subekti tersebut, turut dihadiri Kapolres Kudus AKBP Ronni Bonic، Dandim 072 Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo.

Adapun lomba tersebut terdiri dari tiga ajang kategori, yakni :
Kelas Junior (Kelas 5 SD-SMP), Kelas Senior (SMA-Mahasiswa) dan Kelas Overall (Dewasa). Menurut keterangan panitia, kegiatan ini diikuti oleh 195 peserta.

Lomba edukasi menembak ini dilakukan dengan menggunakan senjata airsoft gun. Selain mencari bakat menembak usia dini, lomba ini juga sebagai sarana sosialisasi dan edukasi guna menumbuhkan kecintaan pada olahraga menembak.

“Kami berharap, kegiatan ini bisa menjadi trend positif bagi warga Kudus dan menjadi sarana untuk meningkatkan prestasi atlet menembak maupun menyalurkan hobi menembak. Ini juga sebagai bentuk komitmen kami dalam membangun akademi menembak pertama di Kabupaten Kudus,” tutur Agung Subani Direktur HR-GA Pura Group.

Direktur HR & GA Pura Group Agung Subani

Kegiatan lomba menembak tersebut memberi ruang untuk pemula sekaligus menjadi sarana sosialisasi olahraga menembak dan mencari bibit baru potensi warga Kudus di olahraga menembak.

Selain piagam penghargaan, sudah disiapkan juga hadiah uang pembinaan untuk menambah motivasi peserta.

Kapolres Kudus maupun Dandim Kudus mengapresiasi adanya kegiatan ini. Menurutnya, melalui lomba menembak ini diharapkan muncul atlet menembak berbakat.

“Di Kepolisian dan TNI ada rekrutmen bagi pendaftar yang memiliki prestasi seperti keterampilan menembak. Jadi, kalau ada yang memang mampu berprestasi, tentu bisa menjadi penunjang bagi yang mau menjadi anggota TNI dan Polri,”kata Kapolres.

Sementara, Sekretaris Daerah Kudus Revlisianto Subekti menyatakan digelarnya lomba ini diharapkan dapat memacu geliat olahraga menembak di Kabupaten Kudus.

“Kudus pernah memiliki legenda penembak Silvia Gani. Kami berharap, lomba ini bisa memacu munculnya atlet-atlet baru yang mampu membawa harum Kudus di kancah nasional maupun internasional,”tukasnya.

Ali Bustomi