Ade Bhakti mendaftarkan diri menjadi kandidat bakal calon Wakil Wali Kota Semarang melalui Partai Demokrat Kota Semarang. foto: istimewa
SEMARANG (SUARABARU.ID) – Beredar foto Ade Bhakti sedang mendaftar ke Demokrat sebagai Wakil Walikota. Dalam foto tersebut, terlihat ade bhakti bersama Wahyu Winarto (Liluk) selaku ketua DPC Demokrat Kota Semarang memegang map sebagai bukti pendaftaran bakal calon wakil walikota dari demokrat.
Saat  dikonfirmasi via Whatssapp, Ade Bhakti tak mengelak dan mengiyakan, namun tak menyebut kapan pendaftaran tersebut ia lakukan.
“Iya betul. Itu foto saya saat mendaftar di DPC demokrat sebagai Cawawali,” kata Ade melalui pesan Whatsapp, Minggu 25 Agustus 2024.
Hal ini menjadi menarik, mengingat DPC Demokrat Kota Semarang hanya membuka pendaftaran hanya sampai 18 Mei 2024.
Nama Ade Bhakti konsisten muncul di bursa pencalonan pilkada Kota Semarang sejak April 2024 melalui baliho yang terpasang merata di Kota Semarang.
Ade Bhakti mulai dikenal masyarakat saat menjabat sebagai Camat Gajahmungkur karena aktif mempublikasi kegiatannya melalui media sosial.
Dari beberapa rilis survei elektabilitas Calon Walikota pilkada Kota Semarang beberapa waktu lalu, nama Ade Bhakti selalu berada di peringkat 3 besar di beberapa lembaga survey bersama incumbent dan Yoyok Sukawi.
Namun ketika disandingkan dengan nama-nama cawawali lainnya, persentase jauh meninggalkan nama-nama bakal calon wakil walikota lainnya.
Di kesempatan terpisah, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya alias Yoyok Sukawi membenarkan bahwa Ade Bhakti sudah mendaftar di Partai Demokrat.
“Iya betul, info dr DPC seperti itu,” jawabnya singkat lewat Whatsaap ketika ditanya apakah Ade Bhakti mendaftar di demokrat.
Pada hari-hari akhir menjelang pendaftaran KPU, foto pendaftaran Ade Bhakti di Partai Demokrat muncul di kalangan para wartawan dan grup Whatsapp.
Sebagai informasi KPU Kota Semarang telah menjadwalkan pendaftaran bakal calon pada 27 hingga 29 Agustus 2024.
Menurut Ketua KPU, Ahmad Zaini, waktu pendaftaran mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.
“Kalau tanggal 27 dan 28 itu kita sesuai jam kantor. Khusus untuk hari terahir Kamis 29 Agustus 2024 kami membuka pendaftaran hingga pukul 23:59 WIB,” kata Zaini.
Hery Priyono